Kunjungi Istana Kerajaan Poleang Moronene, Ketua KKSS Sultra Dianugerahi Gelar Tamalakino Wonua Isulawesi

271
Dengarkan Versi Suara

POLEANG, BOMBANA – Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSSSulawesi Tenggara (Sultra) Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka, melanjutkan rangkaian Safari Ramadan KKSS Sultra di Kabupaten Bombana dengan mengunjungi keluarga besar Kerajaan Poleang Moronene di Istana Rahampuu.

Kehadiran Mantan Pangdam XIV Hasanuddin dan rombongan disambut secara adat Raja Poleang Moronene Ke -34, Apua Mokole Nippon Muhammad Ali, di Istana Rahampuuu, Kecamatan Poleang Utara,Kabupaten Bombana, Jumat (29/4/2022).

Andi Sumangerukka dianugerahi gelar oleh Apua Mokole Nippon Muhammad Ali, Raja Poleang Moronene Ke-34 dengan gelar Tamalakino Wonua Isulawesi, atas jasa-jasanya (Andi Sumangerukka, red) saat menjabat sebagai Panglima Kodam XIV/Hasanuddin yang saat ini membawahi wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Sulawesi Barat. Penganugerahan gelar Kerajaan ditandai dengan penyematan kepada Andi Sumangerukka.

ASR sapaan akrab Mayjen TNI (Purn) H. Andi Sumangerukka menyampaikan rasa syukur atas penganugerahan tersebut. Kata dia, ini merupakan ikatan batin antara dirinya dengan Kerajaan Poleang Moronene.

-IKLAN-

Lanjut mantan Kabinda Sultra tersebut mengatakan, dirinya berjanji akan menjungjung tinggi dan menfasilitasi kesulitan-kesulitan yang dialami dan dirasakan masyarakat Poleang Moronene.

“Saya Mayjen TNI (Purn) H. Andi Sumangerukka Petta Terru, mengucapkan banyak terimakasih atas penganugerahan gelar ini, dan gelar ini akan saya sandang dan akan saya bawa. Terutama saya tidak akan  mempermalukan Kerajaan Poleang Moronene ini, dan saya akan membawa amanah ini untuk nantinya menjadi bahagian dari ikatan batin  keluarga ini dan saya. Saya juga akan menjungjung tinggi dan menfasilitasi kesulitan-kesulitan yang ada disini (Masyarakat Poleang Moronene,red),”ucap ASR.

Seperti diketahui, Kerajaan Poleang adalah kerajaan Suku Mornene terletak di Sulawesi, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Kerajaan ini sudah berdiri abad ke-10. Raja bergelar Mokole.

Menurut sejarah Kerajaan Poleang, Raja Poleang Apua Mokole Nippon Muhammad Ali yang dinobatkan saat ini merupakan Raja yang dipilh sejak tahun 2012 silam. Kendati, raja kelahiran 1942 tersebut baru dilantik di Desember tahun ini diusianya yang ke- 75 tahun.

Sebelumnya, raja Poleang dinahkodai oleh Mokole Intama Ali pada tahun 2004 hingga 2012.

Kerajaan Poleang saat ini telah terdaftar secara regional di Sultra dan Nasional. Bahkan, sudah terkoneksi dengan seluruh kerajaan di nusantara melalui Asosiasi yang disebut Forum Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia. (p2)


Komentar Pembaca