Kementrian BUMN Lepas Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 dengan Moda Kereta Api

8

JAKARTA – Kementerian BUMN melepas keberangkatan pemudik gratis dalam program “Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022” dengan moda kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (29/4) sore. 

Sebanyak 6.082 penumpang diberangkatkan menggunakan 9 kereta api dengan stasiun tujuan Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang Kota, Solo Balapan, Jombang, Blitar, serta Lempuyangan Yogyakarta.

Pemberangkatan pemudik dengan kereta api ini dilakukan langsung oleh Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono bersama Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana. Ini merupakan hari ke-3 keberangkatan mudik gratis dengan kereta api di Stasiun Pasar Senen.

Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono berharap angka kecelakaan pada mudik lebaran 2022 ini bisa turun. Hal ini lantaran pemudik dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dialihkan untuk mengikuti program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022.

“Program ini juga untuk obat rindu bagi masyarakat setelah 2 tahun tidak bisa mudik. Saat ini mereka mudik dan melepas rindu, bertemu sanak keluarga di kampung halaman. Dengan program ini juga diharapkan ekonomi di daerah juga bisa bangkit,” tutur Edi.

Dewi Aryani Suzana menjelaskan bahwa pada program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022, Jasa Raharja juga menyediakan mudik bagi penyandang disabilitas. Diharapkan dengan program mudik ini, penyandang disabilitas ikut merasakan mudik seperti masyarakat pada umumnya. Total ada 20 pemudik disabilitas dengan 10 pendamping.

“Sesuai arahan Kementerian BUMN untuk menyertakan teman-teman disabilitas. Kami menyediakan kuota khusus bagi penyandang disabilitas, dan cukup banyak yang mengambil kesempatan ini. Tahun depan pesiapan lebih panjang dan harapan kami yang ikut jadi lebih banyak lagi,” ujar Dewi.

Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 bertujuan untuk memastikan pemudik pulang dalam keadaan selamat serta tidak menularkan virus Covid-19 di tempat tujuan. Aman, karena mengalihkan mobilitas 40.000 orang dari pengguna roda dua atau kendaraan pribadi lainnya menjadi moda transportasi umum (bus dan kereta api) yang sesuai standar keselamatan, sehingga lalu lintas semakin terkendali menghindari kepadatan. Sehat, karena pemudik telah di vaksinasi Covid-19 serta diberlakukan disiplin prokes.

Dalam total 40.000 orang peserta program Mudik Aman Mudik Sehat tahun ini, Kementerian BUMN memberangkatkan 24 perjalanan kereta api atau kurang lebih sebanyak 15.000 penumpang. Pemberangkatan pemudik gratis dengan kereta api dilakukan mulai 27 April hingga 1 Mei 2022 dari Stasiun Pasar Senen dengan berbagai kota tujuan diantaranya Semarang, Surabaya, Malang, Solo, dan Yogyakarta.

Program ini diikuti oleh penyandang disabilitas dan masyarakat umum yang telah mendaftar secara daring pada periode 9-18 April 2022. Peserta mudik wajib melengkapi dokumen kependudukan yang sah dan vaksinasi COVID-19 dosis 3/booster. 

Sementara bagi pemudik yang belum mendapatkan vaksin dosis 3, BUMN penyelenggara menyediakan vaksinasi booster, tes PCR atau antigen sebelum keberangkatan, sesuai syarat yang diberlakukan oleh Pemerintah.

Komentar Pembaca
Leave A Reply

Your email address will not be published.