5 Mei Hari Bidan Sedunia, Ini Sejarahnya

134
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Tanggal 5 Mei adalah tanggal yang penting bagi semua bidan di seluruh dunia karena diperingati sebagai Hari Bidan Sedunia atau International Day of The Midwife. Penetapan tanggal 5 Mei sebagai Hari Bidan Sedunia sudah dimulai sejak tahun 80-an, tetapi secara formal diresmikan pada tahun 1992.

Salah satu tujuan diperingatinya Hari Bidan Sedunia ini adalah untuk mengkampanyekan peran penting bidan dalam kehidupan manusia terutama yang berhubungan dengan persalinan dan juga kesehatan reproduksi.

Selain itu, Hari Bidan Sedunia juga dimanfaatkan sebagai tolak ukur peningkatan kualitas bidan yang ada saat ini di mana bidan memiliki peran yang sangat penting tidak hanya untuk wanita yang hamil tetapi juga untuk keluarga Indonesia.

1. Hari Bidan Internasional

Usulan memperingati Hari Bidan Sedunia ini datang dari delegasi Australia yang kemudian dibahas lebih lanjut dalam Kongres Bidan Internasional pada tahun 1987. Tujuan diadakannya kongres adalah menghormati para bidan dan juga membuat mereka dikenal oleh masyarakat.

Setelah melewati berbagai macam proses dalam waktu yang cukup panjang, akhirnya Hari Bidan Internasional diresmikan pada tahun 1992 dan jatuh pada tanggal 5 Mei.

2. Alasan Hari Bidan Internasional diperingati

Mengutip Days of The Year, zaman dahulu praktik kebidanan kerap kali diasosiasikan dengan hal-hal mistis. Namun, seiring berkembangnya zaman, profesi ini mulai diisi oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya. Selain itu, profesi ini juga didominasi oleh perempuan.

-IKLAN-

Setiap tahunnya para bidan menyelamatkan jutaan nyawa. Bidan berkontribusi dalam memberikan perawatan medis pada pasien kritis dan berperan membela hak para perempuan. Hal-hal tersebut menjadi alasan mengapa Hari Bidan Sedunia diperingati.

Lewat Hari Bidan Sedunia ini, masyarakat diharapkan bisa memberikan apreasiasi kepada para bidan atas jasa yang telah diberikan.

3. Tujuan dirayakannya Hari Bidan Internasional

Bukan peringatan semata, Hari Bidan Sedunia ini dirayakan dengan beragam tujuan. Pertama, agar masyarakat ingat tentang pentingnya peran bidan di dalam kehidupan.

Selanjutnya, peringatan ini dilakukan sebagai sarana evaluasi agar para bidan saat ini mampu meningkatkan kualitas kinerjanya. Karena bidan hadir tidak hanya untuk calon ibu saja, melainkan untuk seluruh masyarakat.

Konferensi Bidan Internasional juga terus mengupayakan agar para bidan bisa menjadi seseorang yang diandalkan dalam hal peningkatan kualitas perawatan untuk ibu dan bayi yang baru lahir. Selain itu, bidan juga turut andil dalam mengurangi angka dan bahkan mengakhiri kematian para ibu dan bayi dalam proses persalinan.

4. Cara memperingati Hari Bidan Internasional

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Bidan Sedunia. Kamu bisa mengadakan atau turut berpartisipasi dalam kampanye di media sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran bidan ini.

Selanjutnya, memberikan apreasiasi kepada para bidan dengan mengirimkan ungkapan rasa syukur atas kehadiran mereka lewat surat. Bahkan kamu bisa mencoba cara ini dengan menulis ungkapan tersebut lewat media sosial.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghargai jasa para bidan adalah dengan mempelajari tentang dasar ilmu kebidanan untuk diterapkan di kemudian hari. (*)

Komentar Pembaca