Begini Cara Menghitung Bunga KPR

123
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Terdapat tiga metode dalam perhitungan Bunga KPR. Metode atau cara untuk menghitung Bunga KPR antara lain metode efektif, flat, dan anuitas

1. Menghitung Bunga KPR dengan Metode Efektif

Jumlah bunga ditentukan berdasarkan perkalian tingkat suku bunga dengan sisa pokok pinjaman. Setiap bulannya, saldo pokok pinjaman akan berkurang seiring dengan pelunasan cicilan Anda. Maka, dalam metode ini, debitur akan membayar jumlah bunga KPR yang menurun setiap bulannya.

2. Menghitung Bunga KPR dengan Metode Flat

Dengan metode flat, bank pemberi pinjaman akan menghitung bunga berdasarkan pokok pinjaman di tahap awal. Berbeda dari metode efektif yang berdasarkan sisa pinjaman. Maka, debitur harus membayar jumlah bunga yang sama setiap bulan, lantaran pokok pinjaman karena faktor pengali dari bunga tidak berubah. Dengan demikian, porsi pokok dan porsi bunga kpr pun dalam jumlah cicilan yang tidak berubah.

3. Menghitung Bunga KPR dengan Metode Anuitas

Metode anuitas bisa dikatakan sebagai modifikasi dari metode efektif. Metode ini mengatur jumlah angsuran pokok dan bunga yang dibayar senantiasa sama setiap bulannya. Besaran bunga anuitas akan disesuaikan berdasarkan jumlah angsuran pokok yang berubah setiap bulannya, agar total angsuran tetap sama setiap bulannya.

Simulasi Perhitungan KPR Rumah

Indra akan membeli rumah dengan anggaran Rp1 M. Berapa cicilan yang harus dibayarkan Indra dengan suku bunga fix 5,8% selama 5 tahun?

-IKLAN-

Harga Rumah yang DibeliRp1.000.000.000
Pembayaran DP 30%Rp300.000.000
Sisa PembayaranRp700.000.000
Periode KPRFixed 15 tahun
Suku Bunga5,8% p.a.
Tenor15 tahun

Lalu, berapa jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya?

Cicilan per bulan selama 5 tahunRp5.831.629
Cicilan setelah 5 tahunBerlaku floating (sesuai ketentuan bank)

Jadi, proses pembelian KPR rumah Indra, yaitu membayar DP KPR 30% dengan cicilan perbulan Ali selama 5 tahun fixed rate sebesar Rp5.831.629. Setelah masa fixed berakhir, barulah berlaku suku bunga floating.

KALKULATOR REFINANCING

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat iniHitung Sekarang

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Debitur tentang Bunga KPR

Setelah memilih bunga KPR yang cocok untuk Anda, tetap saja masih ada perlu yang Anda ketahui, agar tidak salah langkah. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan tentang Bunga KPR:

  1. Down Payment atau DP harus diperhatikan saat memilih bunga KPR terkait
  2. Pastikan Anda telah membandingkan tingkat dan jenis bunga KPR
  3. Tentukan masa pinjaman KPR Anda
  4. Pastikan Anda telah membaca seluruh kebijakan Bank yang Anda pilih
  5. Anda perlu melunasi kredit sebelum masa cicilan habis
  6. Ketahui penurunan sisa nilai KPR

Dengan data di atas, Anda yang sudah dapat membuat keputusan untuk memulai KPR. Apabila Anda sudah menentukan bank mana yang akan Anda pilih, segera lakukan transaksi yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Komentar Pembaca