Ketua PAMAI Sultra Dipastikan Akan Hadiri Pertemuan Saudagar Bugis Di Makassar

132
Dengarkan Versi Suara

KENDARI – Tokoh Pemuda Sulawesi Tenggara (Sultra), yang juga sekaligus Ketua Perkumpulan Perantau Anak Maros Indonesia (PA’MAI) Sultra, Andi Nur Baso, dipastikan menghadiri Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-22 di Makassar pada 13 – 15 Mei 2022 mendatang.

Hal itu diungkapkan ketua Persatuan Golf Indonesia (PGISultra  itu saat ditemui awak media di Kendari, Selasa, 10 Mei 2022.

-IKLAN-

Dikatakannya, ajang pertemuan tersebut menjadi penguatan supaya Saudagar Bugis Makassar ini semakin kuat dalam bisnis dan usaha dengan cara saling bertukar pengalaman atau bertukar ilmu dengan berbagai pengalaman yang berbeda-beda.

“Silaturahmi yang terjalin di pertemuan ini akan mengalir dengan sendirinya. Sehingga diharapkan dapat terciptanya sinergitas antara para pengusaha atau saudagar Bugis Makassar,” lanjutnya.

Andi Baso,sapaan akrab Andi Nur Baso, menambahkan bahwa ajang ini sebagai ajang bersilaturahmi dan mencoba berbagai gagasan. Diapun berharap para saudagar Bugis-Makassar yang tersebar di sejumlah provinsi bisa terus bersinergi dan menjalin kebersamaan untuk memberikan Konstribusi untuk bangsa dan Negara.

“Harapan kita bersama, para saudagar Bugis-Makassar yang tersebar di sejumlah provinsi dan di beberapa negara, bisa terus bersinergi dan menjalin kebersamaan untuk memberikan Konstribusi peningkatan ekonomi di Sulsel, termasuk bagi bangsa,”pungkasnya.   

Pada momentum tersebut, Ketua PAMAI Sultra  akan hadir bersama rombongan Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPW KKSS) Sultra, dan Ketua umum DPP PAMAI, H. Zulkarnain Wahid .S.pel. MM., beserta sejumlah pengurus DPP Pusat PAMAI.    

Sementara itu melansir dari Detik.com, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP KSS) Muchlis Patahna seperti dilansir detikSulsel, Jumat (8/4/2022). Muchlis Patahna menuturkan calon-calon pemimpin potensial akan hadir.

“Ada beberapa calon pemimpin potensial yang akan hadir. Ada pak Anies, ada pak Airlangga Hartarto, ibu Puan Maharani hingga pak LaNyalla,” ungkap Muchlis Patahna kepada detikSulsel.

Muchlis Patahna menambahkan para tokoh nasional ini diagendakan menjadi pembicara dalam sesi Pertemuan Cendekiawan Bugis Makassar (PCBM). Sesi PCBM ini bertemakan Cendekiawan & Nilai Budaya Bugis Makassar (PCBM) untuk kepemimpinan nasional.

“Jadi tidak hanya PSBM. Ada PCBM dan sekaligus musyawarah kerja nasional (Mukernas),” terangnya.

Untuk PCBM nanti rencananya akan hadir Prof Anhar Gonggong sebagai sejarawan dan budayawan untuk menggali nilai-nilai kepemimpinan nasional di Sulsel. Prof Anhar akan dipanelkan dengan para calon pemimpin yang menghadiri PCBM nanti. Seperti Anies, Airlangga, Puan hingga LaNyalla.


Ada tiga agenda utama pada gelaran PSBM yang akan digelar selama tiga hari. Selain dialog ekonomi, juga ada Pertemuan Cendekiawan Bugis-Makassar (PCBM) dan musyawarah kerja nasional (mukernas).

“Tema PSBM kali ini itu Kolaborasi Saudagar Bugis Makassar untuk Indonesia Sejahtera. Targetnya bisa hadir 5.000 peserta nanti di pembukaan,” terangnya.

Sejumlah tokoh nasional akan meramaikan gelaran PSBM nanti. Menurutnya pertemuan kali ini diharap bisa memberikan efek positif ke Sulsel. Terutama dengan hadirnya saudagar dan perantau-perantau Bugis Makassar yang sukses di luar Sulsel.

“Setelah tertunda, para perantau kini bisa pulang ke kampung halaman. Makanya kita harapkan nanti PSBM ini bisa berjalan istimewa,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel Yusran IB Hernald menaruh harap pelaksanaan PSBM ini tidak hanya silaturahmi saja. Namun membawa dampak untuk peningkatan ekonomi di Sulsel. Apalagi ekonomi baru mulai pulih setelah tertekan pandemi COVID-19.

“Kita optimis kehadiran saudagar-saudagar bisa memberikan efek dari sisi usaha atau bisnis. Termasuk melirik potensi di Sulsel sehingga bisa menanamkan modalnya atau berinvestasi di Sulsel,” pungkasnya. (Detik/KE)

Komentar Pembaca