Pererat Sinergitas, Dinas Kominfo Dan Perspustakaan Sultra Gelar Silaturrahmi

88
Dengarkan Versi Suara

KENDARI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar silaturrahmi pasca lebaran, Senin (9 Mei 2022).

Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Badallah, bersama jajaran pejabat eselon tiga dan sejumlah pejabat fungsional bertandang ke kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Mereka diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan Nur Saleh yang didampingi Seketaris Dinas Nurlena Harahap.

-IKLAN-

Kendatipun dikemas dalam bentuk silaturrahmi, pertemuan itu terutama membahas sejumlah agenda dari dua OPD tersebut untuk saling mendukung satu sama lain.Salah satu agendanya adalah rencana peluncuran aplikasi perpustakaan digital, dimana masyarakat sudah dapat melakukan peminjaman buku secara online. Nantinya, aplikasi tersebut juga akan diintegrasikan dengan website utama Pemprov Sultra sehingga lebih mudah diakses.

“Pada prinsipnya, semua program-program dari Dinas Perpustakaan dan seluruh OPD lingkup pemprov yang membutuhkan dukungan Dinas Kominfo akan kami back up penuh,” kata Ridwan Badallah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Nur Saleh mengatakan, aplikasi perpustakaan digital yang diberi nama “isultra” merupakan bagian dari kerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Konsep dan tampilannya menyerupai perpustakaan digital PNRI, yakni “ipusnas”.

“Ada sekitar seribu koleksi buku kita yang sudah dalam bentuk e-book, yang bisa diunduh melalui aplikasi perpustakaan digital kita,” kata Kadis Perpustakaan.

Selain membahas soal perpustakaan digital, kedua kepala dinas tersebut juga membahas perihal rencana pindah kantor yang akan dilakukan Dinas Perpustakaan ke gedung baru yang sebentar lagi akan diresmikan.

Rencananya, kantor perpustakaan yang lama akan digunakan oleh Dinas Kominfo sebagai kantor yang baru. Proses pengalihan aset tersebut sementara dalam proses. Serah terima gedung tersebut dijadwalkan berlangsung setelah Dinas Perpustakaan pindah ke kantor baru.***

Komentar Pembaca