Jelang Diresmikan Presiden Jokowi, Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra Tinjau Pelabuhan Penyeberang Kaledupa, Tomia, dan Binongko

144
Dengarkan Versi Suara

WAKATOBI – Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra Dr. Drs. Benny Nurdin Yusuf, Amd.LLAJ, MH, CPCE., meninjau sejumlah pelabuhan penyeberangan yang telah dibangun oleh Kementerian Perhubungan dalam rangka mendukung sector ekonomi dan pariwisata  di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Minggu (5/6/2022).

Benny Nurdin Yusuf  melihat langsung kesiapan di Pelabuhan Penyeberangan Kaledupa, Tomia dan Binongko, yang bakal diresmikan oleh Presiden Ir. Joko Widodo.

Sebelum diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, dan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, rencananya Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra berkunjung terlebih dahulu untuk memastikan fasilitas dan infrastruktur pada pelabuhan penyeberangan tersebut telah memadai dan telah siap digunakan oleh masyarakat nantinya.

Didampingi  Kordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) KSPN Wakatobi dan PPK Pelabuhan Penyeberangan, Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra Dr. Drs. Benny Nurdin Yusuf, Amd.LLAJ, MH, CPCE  tiba di pelabuhan kaledupa sekira pukul 08.10 wita.

-IKLAN-

“Hari ini saya mengecek kondisi pelabuhan Penyeberangan Kaledula, Tomia dan Binongko  untuk memastikan pelabuhan ini telah siap untuk melayani konektivitas di wilayah Kabupaten wakatobi, yakni Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, hingga Binongko,” kata mantan Kepala BPTD Sulawesi Selatan itu.

Dihadapan masyarakat Kaledupa,  Benny mengatakan pelabuhan ini adalah milik masyarakat Kaledupa. Hadirnya pelabuhan ini akan menjaga stabilitas harga barang pokok, barang penting, dan barang lainnya. Selain itu, mampu mendorong pembangunan infrastruktur di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Jangan menganggap pelabuhan ini miliknya perhubungan, tetapi ini adalah miliknya masyarakat Kaledupa, ini urat nadinya masyarakat. Kalau dermaga ini putus, Kapal tidak masuk disini, maka perekonomian masyarakat akan  runtuh. Maka jaga dan rawatlah Pelabuhan ini,”kata Benny.

Untuk diketahui, Presiden RI Joko Widodo, dijadwalkan mengikuti pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit pada 8 Juni 2022 di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Dalam kunjungan Presiden Jokowi di Wakatobi juga akan membawa rombongan enam menteri.

Dalam agenda ini, Presiden Jokowi  akan menyerahkan sertifikat tanah kepada 500 kepala keluarga masyarakat Bajo di Wakatobi, Sultra.

Selain itu, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi,  juga akan meresmikan pelabuhan dan pengopersian kapal Feri Rute Wangi-Wangi-Kaledupa-Tomia-Binongko. (red)

Komentar Pembaca