Menhub Budi Karya Sumadi Tinjau Kesiapan Pengoperasian Pelabuhan Penyeberangan Modern di Wakatobi

116
Dengarkan Versi Suara

WAKATOBI – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tiba di Bandara Matohara Wakatobi, Rabu (8/6/2022).

Kedatangan Menhub beserta rombongan disambut oleh Bupati dan Wakil Bupati, Staf utama Perhubungan Darat dan Konektivitas, Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Junaidi, M.M., Kepala Balai Transportasi Darat (BPTD) wilayah 18 Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. Benny Yusuf Nurdin.

Foto bersama Menhub Budi bersama Lawrence,pengelola bandara dan Resort di Tomia

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Menhub Budi akan menghadiri peresmian pengoperasian KMP Sultan Murhum II dan tiga Pelabuhan Penyeberangan di pulau terluar Sultra yakni pelabuhan penyeberangan  Kaledupa, Tomia, dan Binongko  yg megah dan dijadwalkan akan dilakukan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo besok, Kamis 9 Juni 2022.

Menhub Dr. (H.C) Budi Karya Sumadi  beserta rombongan langsung menuju ke Pelabuhan Kaledupa,Tomia, dangdut Binongko untuk meninjau dan menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat di tiga pelabuhan tersebut.

Setelah meninjau kesiapan pengoperasian gedung dan dermaga pelabuhan penyeberangan di Kaledupa, Tomia dan Binongko, Menhub Budi akan langsung mengecek venue atau lokasi utama kegiatan seremoni peresmian yang sudah dilakukan sterilisasi oleh Paspampres di Pelabuhan Rakyat Wanci Wakatobi.

-IKLAN-

“Hari ini Menhub Budi meninjau langsung persiapan pengoperasian tiga pelabuhan penyeberangan Modern di pulau Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sekaligus Menhub Budi memberikan bantuan paket sembako untuk masyarakat di tiga pulau itu,” kata Kepala Balai Transportasi Darat (BPTD) wilayah 18 Sulawesi Tenggara (Sultra), Benny Yusuf Nurdin. Rabu (8/6/2022).

Benny, menambahkan dengan beroperasinya pelabuhan penyeberangan Kaledupa,Tomia, dan Binongko dengan layanan penyeberangan modern antar pulau di Wakatobi dan Kota Baubau, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Wakatobi dan sekitarnya.

Salah satunya mendorong perekonomian di Pulau Kaledupa, Tomia, dan Binongko yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya serta mengandung potensi sumber daya perikanan dalam jumlah besar. Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan sangat mendukung optimalisasi pelayanan penyeberangan di daerah tersebut. 

Hal tersebut sejalan dengan fokus kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk terus meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana jasa transportasi serta meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat.

Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Kaledupa, Tomia, dan Binongko  yang berada di Kabupaten Wakatobi ini merupakan wujud nyata hadirnya negara sesuai dengan Nawa Cita pemerintahan Presiden Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah–daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita ingin Masyarakat Wakatobi yang berada di pinggiran, di pulau-pulau terluar Sulawesi Tenggara, merasakan hadirnya negara, merasakan buah pembangunan, dan merasa bangga menjadi warga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keadilan sosial harus mampu diwujudkan secara nyata dalam kehidupan segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” ucap Benny.

Komentar Pembaca