Program Be-ASR, Lahirkan SDM Unggul dan Berdaya Saing Menuju Sultra Maju

336
Dengarkan Versi Suara

KENDARI – Sebagai bentuk komitmen Ketua Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara (BPW KKSS Sultra) Mayjen (Purn) Andi Sumangerukka dalam mencerdaskan, mensejahterakan dan membantu pelajar di Sultra yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki motivasi yang tinggi untuk melanjutkan pendidikannya. Mantan Pangdam XIV Hasanuddin tersebut memberikan bantuan pendidikan melalui program Beasiswa Andi Sumangerukka (Be-ASR)  tahap pertama kepada 125 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sultra, Minggu (12/6/2022).

Mayjen (Purn) Andi Sumangerukka

“Kegiatan yang digelar di Aula Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) ini merupakan tahap penjaringan program Be-ASR, yakni berupa konseling agar penerima program Be-ASR ini tepat sasaran dan selanjutnya yang sudah terpilih kita serahkan beasiswanya secara simbolis,”kata Andi Sumangerukka.

ASR sapaan Andi Sumangerukka, mengungkapkan sejak dibukanya pendaftaran berkas secara online, dia merasakan antusiasme yang tinggi dari beragam pelajar di seluruh Sulawesi Tenggara. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya jumlah pendaftar yang terkonfirmasi telah melengkapi berkas di laman resmi kksssultra.com

“Telah tercatat sebanyak 1.500 mahasiswa yang mendaftarkan diri dalam seleksi tahap satu tersebut. lebih dari ratusan mahasiswa diantaranya sudah dinyatakan lolos seleksi dan berhak mendapat bantuan Be-ASR,”sebutnya.

Lanjut dia, Be-ASR nantinya mendukung program Pemerintah dalam memberikan akses belajar bagi siswa dan mahasiswa di Sultra yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki motivasi yang tinggi dalam pendidikan.

Rektor UM Kendari Dr. Amir Mahmud, ), Ketua BPW KKSS Sultra Mayjen (Purn) Andi Sumangerukka, Direktur Pengelola Be-ASR Prof DR Aris Badara

-IKLAN-

Selain itu, Be-ASR juga akan menjamin keberlangsungan studi siswa dan mahasiswa di Sultra sehingga nantinya melahirkan lulusan-lulusan yang mandiri, produktif, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

“Tidak ada yang tidak mungkin, semua Bisa. Insyaallah bantuan Be-ASR ini dapat menciptakan pemimpin masa depan. Melahirkan lulusan-lulusan yang mandiri, produktif, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi,”. katanya.

ASR bilang, beasiswa Be-ASR ini merupakan bantuan yang diberikan kepada penerima manfaat berupa biaya sehari-hari, biaya tempat tinggal dan biaya SPP selama 6 bulan.

“Tahap awal Be-ASR ini berupa bantuan selama 6 bulan, namun tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang selama setahun bila animo masyarakat besar dan tepat sasaran,”katanya.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sultra itu mengharapkan agar siswa dan mahasiswa di Sultra bisa memanfaatkan bantuan tersebut untuk meningkatkan kemampuannya.

ASR meyakini kemampuan putra-putri Sulawesi Tenggara tidak kalah dengan daerah lain. Namun hanya karena keterbatasan dan biaya pendidikan yang tidak terjangkau sehingga mimpi mereka harus terhenti.

“Saya merasa memberi spirit kepada mereka, agar harus berprestasi. Semoga dengan Be-ASR bisa meningkatkan Sumberdaya Manusia(SDM) unggul dan berdaya saing di Sulawesi Tenggara. Sebab SDM adalah yang paling utama, bila SDM itu terpenuhi maka saya yakin ide-ide cemerlang banyak yang bisa dihasilkan mereka untuk kemajuan Sultra,” tutupnya.

Turut hadir, Direktur Pengelola Be-ASR Prof DR Aris Badara dan pengurus BPW KKSS Sultra, Rektor UM Kendari Dr. Amir Mahmud dan sejumlah Dekan UMK Kendari. (red)

Komentar Pembaca