Preview Prancis vs Kroasia: Jaga Gengsi

17

Prancis akan menutup laga internasional mereka Juni ini dengan menjamu Kroasia di matchday keempat UEFA Nations League, dini hari nanti. Demi gengsi juara bertahan, Les Bleus wajib menang.

Dua poin dalam tiga pertandingan menjadi torehan Prancis di pembukaan UEFA Nations League 2022/2023. Tanpa kemenangan dalam tiga laga beruntun ini jelas menjadi salah satu catatan terburuk Les Bleus bersama pelatih Didier Deschamps.

Makanya, duel kontra Kroasia di Stade de France harus mereka menangi. Meski belum menjamin bisa ke putaran final, tiga poin paling tidak mereka butuhkan untuk peningkatan moral dan agar tidak terdegrdasi ke Grup B di edisi selanjutnya.

Tentu saja ini tidak mudah mengingat Kroasia mulai menemukan performa terbaik mereka kembali. Di laga sebelumnya, Kroasia mampu mempermalukan Denmark di Kopenhagen.

Setelah mencoba hampir seluruh anggota skuatnya di tiga pertandingan awal, Deschamps diprediksi akan menurunkan kekuatan terbaiknya di pertandingan ini sejak awal. Termasuk Kylian Mbappe yang menjadi penyelamat Les Bleus di Austria.

“Kami akan bekerja untuk menang pada hari Senin (Selasa). Saya tidak 100% tetapi jika pelatih membutuhkan saya, saya akan berada di sana. Ini pertandingan terakhir dan kemudian libur,” kata Mbappe kepada TF1.

Deschamps sendiri menegaskan tidak terlalu khawatir dengan hasil-hasil mereka Juni ini. Menurutnya, kegagalan mereka meraih kemenangan di tiga laga awal karena kondisi sejumlah pemain yang belum ideal.

“Saya tidak khawatir. Ini bukan hasil yang kami harapkan, dan kami tidak berada di puncak performa atau kebugaran kami, tetapi kami telah memberi waktu bermain untuk beberapa pemain yang lebih muda,” tegasnya di situs resmi UEFA.

Masalah utama Tim Ayam Jantan di tiga laga awal ini adalah penyelesaian akhir. Hal ini juga diakui Deschamps. “Kami mengendalikan permainan tetapi tidak cukup klinis,” jelas kapten Prancis di Piala Dunia 1998 itu.

Untuk itu, Deschamps kemungkinan besar akan langsung memainkan Mbappe, Karim Benzema, serta Christopher Nkunku sejak menit awal. Karena N’Golo Kante akan absen bersama Lucas Hernandez, trisula ini akan ditopang oleh Adrien Rabiot dan Aurélien Tchouaméni yang sejauh ini tampil sangat bagus.

Di kubu Kroasia, setelah berhasil menaklukkan Denmark, mereka jelas berharap melanjutkan hasil positif di Paris. Tak hanya untuk bersaing menuju putaran final, tapi juga demi mengakhiri kutukan tak pernah menang atas Les Bleus.

Seperti diketahui, mereka sudah melewatkan sembilan pertemuan tanpa sekali pun bisa merayakan kemenangan. Torehan terbaik mereka sejauh ini hanya berupa tiga hasil imbang. Termasuk seri 1-1 di pertemuan pekan lalu.

“Saya takut kami tidak akan siap untuk tiga pertandingan dalam tujuh hari, tetapi para pemain saya bermain fantastis (dalam kemenangan 1-0 di Denmark). Mereka berlari dan berjuang dengan energi penuh, dan kami dapat menggunakannya pada hari Senin (Selasa melawan Prancis),” tegas pelatih Kroasia, Zlatko Dalic di uefa.com.

Pencetak gol kemenangan mereka di Kopenhagen, Mario Pašalic menambahkan, laga kontra Prancis akan selalu menjadi tantangan menarik. Dan ia memastikan target timnya adalah tiga poin.

“Siapa yang akan mengatakan bahwa Prancis tidak akan menang setelah tiga putaran. Kami semua di sini untuk poin. Ini akan menarik sampai akhir,” kata Pasalic di HRT.

Kalau Prancis berusaha menata lini serangnya jelang duel ini, Kroasia sebaliknya akan memperkuat sektor gelandang. Makanya, Luka Modric, Mateo Kovacic yang dicadangkan di Denmark diyakini akan turun sejak awal bersama Marcelo Brozovic. (amr)

Prakiraan Pemain

Prancis (4-3-3): Lloris; Pavard, Saliba, Kimpembe, Theo Hernández; Guendouzi, Rabiot, Tchouaméni; Mbappé, Benzema, Nkunku

Kroasia (4-2-3-1): Livaković; Juranović, Erlić, Ćaleta-Car, Barišić; Brozović, Kovačić; Majer, Modrić, Brekalo; Kramarić

Head to head

06/06.22 Kroasia 1-1 Prancis

14/10/20 Kroasia 1-2 Prancis

08/09/20 Prancis 4-2 Kroasia

15/07/18 Prancis 4-2 Kroasia

29/03/11 Prancis 0-0 Kroasia

28/05/00 Kroasia 0-2 Prancis

13/11/99 Prancis 3-0 Kroasia

08/07/98 Prancis 2-1 Kroasia

Lima pertandingan terakhir Prancis

09/06/22 Austria 1-1 Prancis

-IKLAN-

06/06.22 Kroasia 1-1 Prancis

03/06/22 Prancis 1-2 Denmark

29/03/22 Prancis 5-0 Afrika Selatan

25/03/22 Prancis 2-1 Pantai Gading

Lima pertandingan terakhir Kroasia

09/06/22 Denmark 0-1 Kroasia

06/06.22 Kroasia 1-1 Prancis

03/06/22 Kroasia 0-3 Austria

29/03/22 Kroasia 2-1 Bulgaria

26/03/22 Kroasia 1-1 Slovenia

Rekaman Pertemuan

Pertandingan: 9

Prancis menang: 6

Kroasia menang: 0

Imbang: 3

Jumlah gol: 29

Gol Prancis: 20

Gol Kroasia: 9

Selisih gol: 11

Rekor skor

Kemenangan terbesar Prancis: 3-0

Kemenangan terbesar Kroasia: –

Skor terbesar: 4-2

Hasil imbang terbesar: 2-2

Perbandingan Rangking

Prancis

FIFA: 3

UEFA: 5

Kroasia

FIFA:  16

UEFA: 19

Komentar Pembaca