Peringatan Dini BMKG, Waspada Hujan Lebat di Sulawesi Tenggara

532
Dengarkan Versi Suara

KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara mengimbau agar masyarakat waspadai hujan lebat di Sulawesi Tenggara dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi di 11 daerah di provinsi ini.

Prakirawan BMKG Sultra Fezal Habibie melalui keterangan tertulis BMKG Sultra,  Senin mengatakan 11 daerah berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat pada hari ini yakni di Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Bombana, Muna, Muna Barat, Buton Utara dan Kota Kendari.

“Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra di 11 daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” katanya.

Fezal menjelaskan di Kabupaten Kolaka potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Pomalaa, Watubangga, Tanggetada, Polinggona yang dapat meluas ke Wundulako, Kolaka, Wolo, Baula, Latambaga, Samaturu, dan Toari.

Kemudian di Kabupaten Kolaka Timur potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Tirawuta, Loea, Ladongi, Poli Polia, Lambandia, Tinondo, Aere, Dangia yang dapat meluas ke Lalolae, Mowewe, Uluiwoi, dan Ueesi.

Di Kabupaten Konawe potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Lambuya, Uepai, Onembute yang dapat meluas ke Unaaha, Wawotobi, Pondidaha, Sampara, Abuki, Soropia, Tongauna, Latoma, Puriala, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Asinua, Konawe, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Padangguni, Morosi, Anggalomoare, Wonggeduku Barat, Anggotoa, dan Tongauna Utara.

Di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan terjadi di Kecamatan Tinanggea, Angata, Andoolo, Palangga, Landono, Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Lalembuu, Benua, Palangga Selatan, Mowila, Moramo Utara, Buke, Wolasi, Laeya, Baito, Basala, Kolono Timur, Andoolo Barat yang dapat meluas ke Ranomeeto Barat, dan Sabulakoa.

Lalu di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan dapat terjdi di Kecamatan Lasolo, Lembo yang dapat meluas ke Molawe, Sawa, Andowia, Motui. Kemudian di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, dan Wawonii Tengah.

Selanjutnya di Kabupaten Bomana potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Rarowatu Utara, Lantari Jaya, Mata Usu yang dapat melus ke Poleang, Poleang Timur, Rarowatu, Rumbia, Poleang Barat, Mata Oleo, Poleang Utara, Poleang Selatan, Poleang Tenggara, Kabaena Utara, Rumbia Tengah, Poleang Tengah, dan Tontonunu.

Di Kabupaten Muna, potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Napabalano, Maligano, Lasalepa, Batalaiwaru, Batukara yang dapat meluas ke Wakorumba Selatan, Katobu, Duruka, Lohia, Watopute, Kontunaga, dan Tongkuno.

Di Kabupaten Muna Barat potensi hujan lebat terjadi di Kecamatan Napano Kusambi yang dapat meluas ke Sawerigadi, Barangka, Lawa, Kusambi dan sekitarnya. Lalu di Kabupaten Buton Utara potensi hujan terjadi di Kecamatan Kulisusu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, Wakorumba Utara yang dapat meluas ke Bonegunu.

“Kemudian di Kota Kendari potensi hujan dapat terjadi di wilayah Kecamatan Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Puuwatu, Kambu, Nambo dan sekitarnya,” jelasnya.

BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin. (Antara)

Komentar Pembaca