Dilantik Siang Ini: Hadi Tjahjanto Jadi Menteri ATR/BPN, Zulkifli Hasan Jabat Mendag, Serta 3 Posisi Wamen

70
Dengarkan Versi Suara

JAKARTA– Ketum PAN Zulkifli Hasan santer disebut akan menggeser M Lutfi di jajaran Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Sementara Hadi Tjahjanto akan menggantikan Sofyan Djalil.

Saat ini M Lutfi menjabat sebagai Mendag. Sementara Sofyan Djalil menjabat sebagai Menteri ATR/BPN.

Nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan santer disebut masuk dalam jajaran kabinet dalam reshuffle yang dikabarkan digelar siang ini, Rabu (15/6).

Kabar menguat lantaran pria yang akrab disapa Zulhas itu menjadi salah satu tokoh yang dipanggil ke Istana Negara kemarin, Selasa (14/6).

Tidak hanya Zulhas, mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto juga menjadi tokoh luar kabinet yang ke Istana.

-IKLAN-

Salah satu petinggi PAN yang dekat dengan Zulhas mengabarkan bahwa Wakil Ketua MPR RI itu akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan. Adapun Mendag Lutfi juga sempat dipanggil Jokowi kemarin

Sementara, kabar lain berhembus Hadi Tjahjanto akan menempati posisi sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) menggantikan Sofyan Djalil, yang kemarin juga ke Istana menemui Jokowi.

Terlepas dari itu, dikabarkan juga akan ada penambahan 3 wakil menteri di kabinet.

Salah satu nama yang santer disebut akan menduduki posisi itu adalah Rahayu Saraswati dari Partai Gerindra. Posisinya Wamen Koperasi dan UKM.

Pihak Istana sendiri masih normatif menjawab isu perombakan kabinet ini.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung hanya menegaskan bahwa reshuffle sepenuhnya kewenangan Presiden Jokowi. Kapanpun dan siapapun, presiden yang menentukan.

“Kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden,” katanya di Istana kemarin. (rmol/pojoksatu/fajar)

Komentar Pembaca