Demokrat Muna Optimis Menangkan AHY di Pilpres 2024

42

Elektabilitas Masuk Tiga Besar

RAHA-Hasil survei Litbang Kompas pada Juni 2022 menampilkan elektabilitas Partai Demokrat menempati posisi ketiga dengan angka 11,6 persen di bawah PDIP (22,8 persen) dan Gerindra (12,5 persen).. Jumlah ini merupakan angka tertinggi bagi partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini sejak survei Oktober 2019.

Masuknya Partai Demokrat dalam posisi tiga besar menjadi suplemen bagi kader partai di pusat dan daerah untuk terus bekerja membesarkan Partai Demokrat, terutama memenangkan kompetisi pemilu dan pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Sekretaris DPC Demokrat Kabupaten Muna sekaligus Ketua Fraksi Demokrat DPRD Muna, Awal Jaya Bolombo, menyambut positif kabar menggembirakan tersebut. Ia optimis, Demokrat Muna dapat mempertahankan posisi Demokrat sebagai peraih suara terbanyak pada pilcaleg Muna 2024, seperti perolehan suara Demokrat saat pilcaleg Muna 2019 lalu.

-IKLAN-

Politisi yang dikenal kritis ini juga optimis, elektabilitas Demokrat yang semakin meroket dibawah kepemimpinan AHY yang kolaboratif dan terbuka ini dapat memenangkan AHY di Muna untuk pilpres 2024 mendatang. “Sebagai kader, kami siap menangkan AHY di Muna, ” tegas pria yang akrab disapa AJB ini.

Naiknya elektabilitas Partai Demokrat dalam survey Litabng Kompas, menunjukkan salah satu faktor yang menyebabkan Demokrat bisa kembali menjadi partai papan atas dengan perolehan lebih dari 10 persen suara adalah sikap kritis terhadap kebijakan pemerintah. Selain itu, Demokrat juga dianggap tidak dilabeli dengan politik aliran atau agama dan terbuka bagi pemilih nasionalis maupun Islam.

Terlebih, dengan adanya Bambang Susilo Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Demokrat dianggap memiliki figur penting di dalam partai.

Sementara itu Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Herzaky Mahendra mengungkap terdapat beberapa faktor utama yang menunjang kenaikan elektabilitas Demokrat, salah satunya kepemimpinan AHY yang lebih kolaboratif, terbuka, dan menggunakan pendekatan terukur berbasis data, membuat setiap gerak langkah yang diambil Demokrat, sesuai dengan harapan publik,. *

Komentar Pembaca