Faktor Cuaca Panas, Kemenag Catat 14 Jamaah Haji Meninggal

104

JAKARTA– Kementerian Agama (Kemenag) mencatat jumlah jamaah haji yang meninggal dunia di Arab Saudi semakin bertambah. Terbaru penambahan sebanyak dua orang.

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin mengatakan, jemaah terbaru yang meninggal dunia yaitu, Samiran Mudjiono Kartoredjo, laki-laki, 64 tahun nomor paspor C68 17 415, asal kloter SUB10, dan Yuli Nurani Hidayah, perempuan, 56 tahun, nomor paspor C68 53 185, asal kloter SOC27.

“Sehingga sampai hari ini jumlah jamaah Indonesia yang wafat sebanyak 14 orang,” kata Fauzin kepada wartawan, Senin (27/6).

“Sementara jemaah haji sakit sebanyak 95 orang, 76 orang rawat jalan, 14 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 5 orang dirawat di RSAS,” sambungnya.

Fauzin menambahkan, kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini dilaporkan rata-rata tertinggi 44 derajat Celsius.

Kemenag melalui petugas haji di Arab Saudi selalu mengimbau kepada jamaah untuk membatasi aktivitas di luar ruangan.

“Perhatikan kesehatan diri sendiri, dan tidak memaksakan untuk selalu shalat di Masjidil Haram, tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan terutama ketika di masjid, baik di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram. Kepada seluruh petugas agar selalu mengingatkan Jemaah, begitu juga Jamaah agar saling mengingatkan demi kesehatan bersama,” tandasnya.(jpc/fajar)

Komentar Pembaca