Dihargai Rp 7,3 Miliar, Warga Qatar Dilarang Catut Logo Piala Dunia 2022 di Plat Nomor Kendaraan

74
Dengarkan Versi Suara

Jakarta Piala Dunia Qatar 2022 akan dihelat dalam hitungan bulan yaitu pada 21 November hingga 18 Desember 2022. Semua mata akan tertuju pada ajang sepakbola terakbar 4 tahunan tersebut.

Jelang perhelatannya, pemerintah Qatar memperingatkan kepada masyarakat terkait penggunaan logo Piala Dunia Qatar 2022 yang disalahgunakan karena dipasang bersamaan dengan plat nomor kendaraan.

Peringatan ini, muncul setelah otoritas pemerintah Qatar untuk mengantisipasi penggunaan plat nomor yang tidak sah. Pasalnya, sebelumnya pihak penyelenggara sudah melakukan lelang plat nomor khusus Piala Dunia 2022 Qatar seharga 1,8 juta riyal Qatar atau sama dengan 494.000 US Dollar.

Apabila dirupiahkan nilai tersebut mencapai Rp 7,3 milliar untuk sebuah plat nomor dengan logo Piala Dunia 2022 kepada penawar tertinggi.

“Dilarang memasang ataupun menggunakan logo Piala Dunia di plat nomor kendaraan,” demikian cuitan dari Kementerian Qatar, yang dikutip Liputan6.com, Selasa (28/6/2022).

“Plat nomor kendaraan yang berhak memakai logo Piala merupakan versi khusus dan sudah sduah dikeluarkan sesuai dengan regulasi serta ketentuan yang sudah berkoordinasi dengan FIFA,” lanjutan cuitan di atas. 

Untuk logo memang diberlakukan sangat ketat, salah satunya pada bulan Mei kemarin, pihak berwenang Qatar mengatakan lima orang ditangkap karena mempromosikan penjualan pakaian berlogo Piala Dunia Qatar 2022 tanpa mendapatkan persetujuan sebelumnya dari shoppingmode FIFA.

FIFA memiliki kewenangan dalam hal melindungi merek dagangnya.

Minuman Alkohol Dilarang

Dengan penduduk mayoritas Islam, pemerintah Qatar melarang masyarakat untuk membawa serta konsumsi minuman beralkohol di depan umum selamat Piala Dunia 2022.

Peraturan tersebut juga berlaku bagi para pengunjung dari luar negeri yang akan menyaksikan momen Piala Dunia 2022. Apabila terbukti melanggar maka hukuman enam bulan penjara akan menjadi ganjaran.

Tapi, otoritas penyelenggara dari Qatar masih baik hati jika para pengunjung ini konsumsi minuman beralkohol dengan memperbolehkan mereka melakukannya di beberapa hotel dan bar yang sudah memperoleh lisensi khusus.

Namun, sementara stadion tidak menyajikan alkohol untuk penggemar, untuk area itu akan ada fan zone yang didirikan dengan menyajikan alkohol dengan harga lebih murah.

Larangan ini, cukup unik karena di ajang Piala Dunia sebelumnya, minuman beralkohol seakan wajib untuk menemani para penggemar sepakbola saat menonton.Selain alkohol, Qatar juga memberlakukan aturan tidak boleh melakukan seks bebas bagi para penonton Piala Dunia 2022 bagi para pasangan yang belum sah menjadi suami istri.

Isu HAM Di Qatar

Piala Dunia 2022 dibayangi berbagai kontroversi. Mulai dari bagaimana Qatar bisa memenangkan persaingan untuk menjadi tuan rumah, hingga masalah bagaimana negara ini memperlakukan puluhan ribu pekerja yang membangun stadion.

Untuk menggelar Piala Dunia 2022, Qatar membangun tujuh stadion, satu bandar udara baru, jaringan kereta dan sejumlah ruas jalan baru.

Tak kurang dari 30.000 pekerja migran dikerahkan untuk membangun proyek ini dan Qatar dikecam pada 2016 oleh organisasi hak asasi manusia, Amnesty International karena “menerapkan kerja paksa”.

Amnesty mengatakan para pekerja tinggal di akomodasi yang buruk, membayar mahal biaya perekrutan, gaji ditahan dan paspor disita.

Sejak 2017, pemerintah Qatar menerapkan sejumlah kebijakan untuk melindungi buruh migran agar tidak bekerja dalam kondisi temperatur yang sangat panas, membatasi jam kerja dan meningkatkan kualitas akomodasi.

Tetapi, organisasi HAM, Human Rights Watch (HRW) dalam laporan pada 2021 mengatakan pekerja migran “masih mengalami praktik ilegal pemangkasan gaji” dan “tidak menerima gaji selama berbulan-bulan, padahal sudah bekerja berat dengan jam kerja yang panjang”.

Amnesty International juga mengatakan meski sistem “kafala” atau sponsor telah dihapus namun para buruh tetap saja menerima tekanan yang berat. Selama ini, sistem kafala melarang buruh meninggalkan pekerjaan tanpa izin majikan atau perusahaan.

Juru bicara pemerintah mengatakan kepada BBC, “Sudah ada kemajuan besar untuk memastikan reformasi benar-benar diterapkan.”

Ia juga mengatakan, jumlah perusahaan yang melanggar aturan perburuhan “terus menurun”.

-IKLAN-

Siapkan Uang Rp 1M untuk Nonton Langsung Piala Dunia 2022 Qatar

Piala Dunia 2022 Qatar dalam hitungan bulan akan dimulai. Menyambut gelaran, pecinta sepak bola Indonesia banyak bertanya berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk menonton pertandingan secara langsung.

Piala Dunia 2022 bakal digelar di Qatar, mulai 21 November hingga 18 Desember 2022. Sebanyak 32 tim akan bersaing di sana demi memperebutkan gelar juara.

Pertama tiket pesawat untuk penerbangan dari Jakarta ke Doha pada hari Minggu, 20 November 2022 saat ini dibandrol dengan harga Rp 25 juta untuk tiket sekali jalan. Ditambah pulang dengan harga yang relatif sama yaitu dari Doha ke Jakarta sekitar Rp 25 juta. Itu berarti, kita harus mengeluarkan sekitar Rp 50 juta untuk tiket pesawat pulang pergi.

Harga Hotel di Qatar ada yang sudah mencapai ratusan juta rupiah per malam. Oleh karena itu, sebuah apartemen menjadi solusi untuk tempat tinggal di sana. 

Sebuah apartemen dengan satu kamar di pusat kota, memiliki rentang harga rata-rata sebesar QR6.000 atau Rp2 3,4 juta untuk satu bulan. Harga tersebut akan jauh lebih mahal lagi jika mendiami properti lebih mewah dengan fasilitas lebih lengkap.

Biaya ini belum termasuk biaya tambahan lainnya seperti listrik, gas, dan air yang bisa saja mencapai Rp 1 juta dalam sebulan. Biaya itu belum ditambahkan jika mengandalkan pendingin udara disana.

Setelah itu, kita harus menyediakan provider seluler dengan paket sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta dalam satu bulan. Sementara untuk makanan, kita minimal mengeluarkan uang sekitar Rp 200 ribu untuk sekali makan.

Sedangkan biaya transportasi lumayan terjangkau dengan harga Rp 15 ribu sampai Rp 39 ribu untuk bus umum. Nah, sekarang giliran tiket pertandingan.

Tiket paling murah pertandingan Piala Dunia 2022 mulai dari 11 dollar AS atau sekitar Rp 158.400 untuk setiap pertandingan. Jika ingin menonton pertandingan dari penyisihan grup hingga final, maka kurang lebih harus mengeluarkan kocek hingga Rp 500 juta!!

Itu berarti jika dikalkulasikan, kita harus mengeluarkan kurang lebih Rp 1 milliar untuk tinggal di Qatar selama kurang lebih 1 bulan untuk menonton Piala Dunia 2022. Tertarik?

Sediakan Tenda Gurun Semewah Hotel Bintang Lima

Pemerintah Qatar terus berbenah guna menyambut turnamen paling akbar, Piala Dunia 2022. Persiapan dari segi insfrastruktur seperti stadion, akomodasi, transportasi, dan penginapan terus dipoles untuk memanjakan peserta dan para suporter.

Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar mulai 21 November 2022 sampai dengan 18 Desember atau sekitar 28 hari perhelatan. Piala Dunia kali ini adalah yang pertama kalinya diselenggarakan di Timur Tengah, dan yang pertama bergulir pada musim dingin.

Untuk itu, Qatar pun terus bersolek agar bergulirnya Piala Dunia berlangsung memuaskan. Salah satu yang tengah dikebut pengerjaanya adalah penginapan.

Data dari Lembaga Pariwisata Qatar, kini, Qatar saat ini memiliki 30.000 kamar hotel. Sebanyak 80 persen dari jumlah itu dialokasikan untuk pemain, wasit, media, dan tamu resmi shoppingmode FIFA lainnya.

Selain itu, Qatar juga menyiapkan sekitar 69.000 kamar non-hotel, villa dan apartemen-apartemen.

Kepala Akomodasi di Komite Tertinggi Pelayanan dan Hukum Penyelenggara Piala Dunia 2022, Omar Al-Jaber mengatakan, pihaknya juga telah menyediakan cadangan 100.000 kamar lagi untuk orang-orang yang datang menyaksikan pertandingan Piala Dunia.

Menariknya, dari berbagai macam penginapan yang disediakan, Qatar juga menyiapkan seribu tenda untuk para tamu. Tenda tersebut lekat dengan ciri khas suku asli Qatar, Bedouin dan berada di gurun.

Tujuannya, agar orang yang menginap di tenda tersebut dapat menikmati sensasi yang berbeda dari penginapan lainnya. 

Emtek Grup Manjakan Pencinta Bola

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini. 

(Liputan6)

Komentar Pembaca