Enam Layanan yang Didapatkan Jemaah Haji Kloter 06-UPG di Makkah, Apa Saja?

88
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Jemaah Haji Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tergabung dalam kloter 06-UPG telah melaksanakan seluruh rangkaian Rukun Umrah Wajib (Haji Tamattu) dan Thawaf Qudun (Haji Ifrad).

Hal Tersebut disampaikan Ketua Kloter 06-UPG H. Muhammad Kadir Azis dalam laporannya langsung dari Makkah usai pelaksanaan Rapat Koordinasi Sektor 2 Makkah di Mushallah Hotel Al Tharaawat Al Taqwa, Syiyah nomor 201, Ahad, 26 Juni 2022 WAS. 

Disampaikan, Jemaah Haji Kloter 6-UPG sudah berada di Mekkah Al-Mukarramah, sejak tanggal 23 Juni 2022, menempati  Hotel Al Tharaawat Al Taqwa, Syiyah nomor 201, telah melaksanakan seluruh rangkaian Rukun Umrah Wajib (Haji Tamattu) dan Thawaf Qudun (Haji Ifrad). 

Hotel yang juga ditempati Jemaah Kloter 06-UPG asal Sulawesi Tenggara ini berjarak sekitar 5-7 Km dari Masjid Haram dan dapat menampung 7-8 Kloter, atau sekitar 3.000 orang jemaah

Selama di Makkah, Jemaah Haji embarkasi Makassar akan mendapatkan beberapa layanan. yaitu Layanan Umum yang meliputi

Layanan Akomodasi. 
Tahun ini PPIH Sektor 2 telah mengatur sedemikian rupa sehingga  jemaah haji tinggal menempati kamar sesuai dengan nama nama yang diatur oleh PPIH sesuai urut manifest. 

Layanan Transportasi
Sebagaimana telah tetapkan sebelumnya bahwa Jemaah Haji yang menempati pemondokan diatas 2.000 meter akan mendapatkn  fasilitas Bus Salawat, 
Bus salawat adalah bus antar jemput dari Halte Bus di masing2 Hotel ke Terminal Syieb Amir di Masjidil Haram dengan Kode Bus 2B.

Layanan Konsumsi
Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana Jemaah Haji diberi makan sebanyak 2 kali ditambah sarapan dipagi hari, maka tahun ini untuk pertama kalinya Jemaah Haji diberikan makan sebanyak 3 kali dalam sehari, yaitu pukul 06.00 WAS (Pagi), 12.00 WAS (Siang) dan 17.30 WAS (Malam) . 

-IKLAN-

Selanjutnya Jemaah Haji juga mendapatkan Layanan Khusus meliputi
Layanan Linjam
Layanan Linjam atau Perlindungan Jemaah, adalh layanan yg diberikan oleh PPiH Arab Saudi yang berasal dari unsur Anggota Polri dan TNI. Dimana mereka bertugas di Kantor Sektor, Daker dan Sektor Khusus di Masjidil Haram. 

Layanan Bimbad 
Layanan Bimbingan Ibadah, adalah layanan yg diberikan untuk memastikan seluruh rangkaian manasik ibadah telah dilaksanakan dengan baik, Pemerintah menyiapkan Petugas Bimbingan setiap tingkatan. Pembimbing Ibadah disetiap Kloter, Konsultan Ibadah di setiap Sektor dan Daker. Serta bimbingan yang dilaksanakan secra berkala. 

Layanan kesehatan
sebagaiman dengan Bimbingan ibadah. Pelayanan Kesehatan menjadi priotas utama, karena kesehatan menjadi faktor utama dalam beribadah. Selain disiapkannya Dokter dan Paramedis di Kloter, juga disiapkan tenaga dokter dan paramedis di setiap Sektor dan bahkan PPIH Arab Saudi memiliki Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah dan Madinah. 

Pada kesempatan Rakor tersebut,  KH. Nukman Khumaidi, Konsultan Bimbad Sektor 2, menyampaikan, agar para petugas kloter agar selalu menghimbau  jamaah memperhatikan kesehatannya. 

“Jangan sampai bolak balik ke Masjidil Haram, nanti terkuras energinya, sehingga akan mengganggu pelaksanaan proses Armuzna ( Arafah, Muzdalifah dan Mina), ” pesannya. 

Kepada Karom dan Karu diharapkan agar  melaksanakan tugas dengan optimal membantu peran petugas Kloter dalam pengawasan kepada jamaah.

Hadir dalam Rakor tersebut Sektetaris Kasektor 2, Konsultan Ibadah, KH. Nukman Khumaini, Linjam (Perlindungan Jemaah), dan Para PPIH ( Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Kloter di Sektor 2.
Seluruh Petugas Kloter UPG 5, 6, 7 dan BTH 1, 8 , 9.

Terpisah, Usai menerima laporan ketua Kloter 06-UPG Kakanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin menyampaikan pesan kepada seluruh jemaah haji Sultra yang melaksanakan ibadah haji agar jemaah tetap bersahabat (bersih, religius, santun, harmonis, berbasis teknologi), disipilin dan menjaga kekompakan selama menjalankan ibadah haji sampai ke tiba ke tanah air. 

Kakanwil juga mengatakan seluruh keluarga besar Kanwil Kemenag Sultra terus mendoakan kelancaraan pelaksanaan ibadah haji 1443 H/2022 M dari tanah air. 

“Dari tanah air seluruh keluarga besar kanwil Kemenag Sultra pada selasa pagi dan malam jumat setiap minggu mengadakan mujahadah, zikir dan doa untuk kelancaran ibadah jemaah haji sultra di tanah suci, ” pungkasnya. (red)
 

Komentar Pembaca