Sambut HUT INI ke-114, Pengda INI Kota Kendari Gelar Syukuran dan Silaturahmi

286
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Para Notaris Kota Kendari yang tergabung dalam organisasi Ikatan Notaris Indonesia (INI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Notaris Indonesia ke-114 dengan mengelar pemotongan tumpeng oleh Ketua Pengurus wilayah (Pengwil) INI Sultra didampingi Ketua Pengda INI Kota Kendari, di Rumah Makan Kampung Bakau Kendari, Sabtu (2/7/2022).

Perayaan tersebut digelar dengan cukup sederhana dihadiri oleh beberapa pengurus Pengda se-Kabupaten/Kota di Sultra. Tema perayaan HUT INI ke 114 Tahun adalah, ‘Kita Tingkatkan Profesionalitas, Integritas dan Etika Berorganisasi Demi Menjaga Marwah Notaris Indonesia’.

Ketua Pengda INI Kendari Sudirman, SH., M.Kn.,  mengatakan INI sebagai satu-satunya wadah Ikatan Notaris yang ada di Indonesia, maka disinilah tempat terhimpunnya seluruh Notaris dalam menjalin kekeluargaan sesama Notaris yang berhimpun dalam organisasi INI.

Kata Sudirman, INI memberikan sesuatu warna tersendiri dalam berkontribusi kepada Bangsa dan Negara, khususnya dalam pembuatan akte otentik bagi masyarakat yang membutuhkan. Notaris adalah seseorang yang diangkat pemerintah menjadi pejabat umum untuk membuat akta otentik. Tata cara pembuatan akta otentik diatur menurut tempat pejabat umum tersebut berada. Itu karena akta otentik tersebut merupakan suatu alat bukti yang sempurna di depan pengadilan karena tidak membutuhkan lagi pembuktian secara hukum.

“Jadi momentum ini kita gunakan untuk kita bisa mempererat kembali silaturahim diantara kita sesama Ikatan Notaris Indoensia, khususnya di Kota Kendari,”katanya.

-IKLAN-

Lanjut Sudirman menyampaikan, di masa jabatan periode ke dua dirinya dalam menakhodai Pengda INI Kota Kendari, khususnya di masa pandemi covid-19. Berbagai kegiatan webinar dan seminar telah gelar oleh pengurus Pengda INI Kota Kendari, baik itu kegiatan yang terdampak dengan Covid-19 dalam hal pembuatan akte yang sifatnya lebih kepada aspek sosial.

“Dan mungkin nanti pasca pandemi dan di era new normal saat ini. Kegianta-kegiatan yang sifatnya training, sifatnya pelatihan, akan kita mulai selenggarakan kembali, baik itu kegiatan pelatihan dasar perbankkan syariah, maupuan kegiatan pelatihan pembuatan akte koperasi,”ucap Sudirman

Sudirman berharap, Notaris yang terhimpun dalam Pengda INI Kota Kendari bisa berkontribusi dalam artian, bahwa notaris sebagai pejabat umum bisa memberikan pelayanan prima, pelayanan maksimal kepada masyarakat dengan tetap mengedepankan etika profesi dan UU jabatan notaris

“Saya berharap Notaris yang tergabung dalam Pengda INI Kota Kendari selalu mengedepankan prinsip kecermatan dan kehati-hatian yang berlandaskan kepada etika profesi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”harapnya.

Di kesempatan yang sama Ketua Pengurus Wilayah (Pengwil) INI Sultra  Rayan Riyadi, SH.,MKn menyatakan di dalam suasana kekelurgaan yang berbahagia ini, dimana INI berulang tahun yang ke 114 perlu kita syukuri. Karena apa ? karena INI itu bagaikan Keluarga dengan keanggotaan yang cukup besar.

Kata dia, Ikatan Notaris Indonesia di usia yang cukup tua ini, dengan keanggotaan yang cukup besar. Dirinya berharap semoga INI semakin baik dan semakin solid, khususnya di Sulawesi Tenggara dalam membantu memberi pelayanan kepada masyarakat, terutama di bidang hukum perdataan Notaris.

“Bekerja lebih berhati- hati, semoga silaturahmi semakin solid,semakin mencintai organisasi. Karena kita mengharapkan ada regenerasi dan penerus pengurus INI di Sulawesi Tenggara,”pungkasnya.

Komentar Pembaca