Cara Empukkan Daging Pakai Baking Soda, Cuma 3 Langkah

68
Dengarkan Versi Suara

Kendariekspres – Apapun jenis masakan yang hendak dibuat menggunakan daging, tentu akan  terasa lebih enak saat empuk.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengempukkan daging, seperti menggunakan panci presto, masak dengan teknik slow cooking,hingga melumuri dengan buah.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu mengempukkan daging yaitu menggunakan baking soda. Dikutip dari laman Tasting table dijelaskan bahwa baking soda dapat membuat permukaan daging menjadi alkali dan membuat protein lebih sulit untuk terikat.

Ini dapat menjaga daging agar tetap empuk saat dimasak. Mengempukkan daging menggunakan bantuan baking soda dapat dilakukan untuk daging yang akan dimasak dengan teknik panggang atau bakar. Meskipun bisa mengempukkan daging, tetapi tidak semua jenis daging cocok diempukkan menggunakan baking soda.

Dikutip dari laman Leaf. tv, teknik ini tidak berlaku untuk potongan utuh seperti steak, dada ayam, dan potongan daging babi. Berikut tiga langkah yang bisa kamu ikuti bila ingin mengempukkan daging pakai baking soda:

1. Persiapkan daging

Pertama-tama siapkan daging yang akan diempukkan menggunakan baking soda, lalu potong menjadi bagian agak lebar.

Dikutip dari laman Leaf.tv, efek baking soda dalam mengempukkan daging akan lebih optimal pada irisan daging yang tipis dan permukaan yang lebar.

Hal ini karena semakin lebar permukaan daging, maka semakin banyak bagian daging yang terkena baking soda, sehingga membuat daging lebih cepat empuk.

2. Campur daging dengan baking soda

-IKLAN-

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengempukkan daging dengan baking soda. Cara pertama yaitu menggosok permukaan daging langsung dengan baking soda.

Caranya, taruh potongan daging di atas wadah lalu gosok permukaannya menggunakan baking soda secara merata.

Daging yang digosok menggunakan baking soda dapat disimpan di dalam lemari es selama tiga hingga lima jam di kulkas.

Sedangkan cara kedua yaitu merendam daging di dalam larutan baking soda. Caranya  campur satu sendok teh baking soda untuk setiap 453 gram daging, lalu rendam hingga semua bagian daging tertutup sempurna.

Daging yang direndam di dalam larutan baking soda dapat didiamkan selama 15 hingga 20 menit di suhu ruang.

3. Bilas daging

Setelah daging cukup empuk, bilas daging menggunakan air bersih untuk menghilangkan baking soda yang menempel di permukaannya.

Kemudian keringkan permukaan daging menggunakan kain bersih  atau tisu dapur sebelum dimasak. 

Sumber leaf. tv,tasting table

Komentar Pembaca