Cara Memastikan Motor Washer Perlu Diganti atau Tidak

60
Dengarkan Versi Suara

KendariEkspres – Mobil biasanya dilengkapi dengan washer atau air wiper sebagai pembersih kaca depan, ketika terkena debu atau kotoran. Dengan adanya air yang mengguyur kaca, kerja wiper menjadi lebih ringan serta menghasilkan pembersihan lebih maksimal.

Semprotan air wiper atau air washer sering dijumpai pampat atau tidak keluar air begitu diaktifkan. Hal itu bisa terjadi karena motor washernya rusak, ada masalah kelistrikan atau mungkin ada masalah diselang airnya.

Nah, untuk memastikan hal tersebut sebenarnya cukup mudah. Mungkin beberapa pemilik kendaraan bisa melakukan dari rumah, terlebih lagi mempunyai alat berupa test pen atau AVO meter.

-IKLAN-

Pemilik Anugerah Auto Servis Spesialis Elektrikal, Arjun mengatakan cara memastikannya cukup mudah, bila ada bunyi motor washer itu artinya mekanikal motornya baik-baik saja.

“Pertama ya dicoba dinyalakan, bila ada bunyi motor washernya berarti motor washer aman, jika tidak ada bunyinya bisa melepas soket motor washer untuk mengecek arus listriknya ada atau tidak,” ucap Arjun, Selasa (12/7/2022).

Dia mengatakan bila hasil pengecekan arus tersebut bagus, 11-14 volt maka dapat dipastikan motor washernya wajib diganti bila ingin sembuh. Sebab, dengan adanya arus tersebut sudah bisa mengkonfirmasi bahwa rangkaian listriknya bagus.

Perlu digaris bawahi, cara pengecekan arusnya dengan mempertemukan kedua ujung AVO meter di masing-masing terminal soket dengan satuan volt DC. “Jika arusnya tidak bagus, berarti perlu memastikan apa penyebab kelistrikannya bermasalah. Bisa dari fuse 10 ampere, atau bisa juga dari rangkaian kabelnya yang putus atau tidak tersambung dengan sempurna,” ucap Arjun. Selain motor washer dan kelistrikan, ada hal lain yang perlu dicurigai yaitu selang airnya. Pastikan tidak putus, ada patahan atau pampat, mulai dari pangkal hingga ujung nozzlenya. Karena yang sering terjadi, suara motor washer ada, cuma airnya tidak mau menyemprot. Jadi, ketika air washer tidak keluar jangan buru-buru memvonis motor washernya yang bermasalah, tapi perlu dipastikan terlebih dulu penyebabnya dari mana. (kompas)

Komentar Pembaca