Terapkan SIMRS, RSUD Baubau Menuju Pelayanan Tanpa Kertas

69
Dengarkan Versi Suara

BAUBAU – RSUD Kota Baubau telah menerapkan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS). Sistem informasi ini memusatkan seluruh data administrasi rumah sakit dan memudahkan pelayanan bagi pasien.

-IKLAN-

Direktur RSUD Kota Baubau melalui Kepala Bidang Rekam Medik, Hasrida Hamid menjelaskan, program SIMRS telah berjalan sejak Maret 2022 lalu. Sistem informasi menghubungkan dari seluruh poli. Mulai dari pendaftaran pasien hingga pemberian resep dari dokter.

Hasrida mengungkapkan, sejumlah perawat telah mengikuti pelatihan untuk menjalankan SIMRS ini. Kemudian, perawat tersebut membagikan wawasannya terhadap pasien lainnya. Sebab, perawat hingga dokter harus bisa mengoperasikan sistem ini.

Pada akhirnya, kata dia, sistem informasi ini akan menciptakan pelayanan yang lebih efektif waktu dan hemat kertas, bahkan tanpa kertas. Sebab, semua data pasien dan data obat pasien tercatat dalam komputer dan terkoneksi di semua komputer di poli dan farmasi.

Kendati begitu, pihaknya mengaku masih memiliki kekurangan dalam menjalankan sistem informasi ini. Mulai dari kendala jaringan hingga ketersediaan petugas IT. Meski begitu, pihaknya berupaya untuk memaksimalkan SIMRS pada tahun ini. (bds)

Komentar Pembaca