Agustamin Saleko Kembali Pimpin LAT Bombana

59
Dengarkan Versi Suara

BOMBANA – Agustamin Saleko kembali memimpin Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kabupaten Bombana. Ia terpilih pada musyawarah adat daerah satu, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Bombana, Kamis (14/7/2022).

Pada musyawarah perdana LAT yang dilaksanakan di Bombana itu, terdapat tiga calon kandidat yang bertarung. Dari hasil perolehan suara, Agustamin Saleko memperoleh suara terbanyak.

-IKLAN-

Terpilih untuk kedua kalinya, Agustamin Saleko berharap budaya Tolaki yang mulai terkikis dengan budaya barat bisa terus dilestarikan bersama. Tujuannya agar budaya tolaki tidak hanya menjadi cerita di kemudian hari.

di Kabupaten Bombana untuk bersama-sama melestarikan budaya Tolaki agar tidak terkikis dengan budaya barat, mengingat perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, tidak menuntut kemungkinan budaya Tolaki ini akan menjadi cerita jika kita tidak bersama-sama melestarikan budaya kita ini,” harapnya.

Menurutnya, LAT Bombana bukan sekedar lembaga atau hanya untuk mengayomi Suku Tolaki, tetapi LAT hadir di Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Bombana sebagai bentuk perwujudan Pancasila. Sebab, tidak ada satu sila pun yang bertentangan dengan budaya Tolaki.

“Lembaga adat ini bukan sekedar lembaga, melainkan perwujudan ideologi negara kita, lima sila yang terkandung dalam Pancasila itu, perwujudannya semua ada di LAT,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan terpilih kembalinya sebagai ketua LAT Bombana, persoalan-persoalan yang ada di masyarakat, bukan hanya sebatas tata cara pernikahan saja cakupannya. Melainkan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat bisa diselesaikan secara adat atau kekeluargaan. (bds)

Komentar Pembaca