Konut di Guyur Hujan Sepanjang Hari, BMKG Kendari Himbau Warga Masyarakat Waspada Banjir

39
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Selamat pagi pembaca setia KendariEkspres.com. Mengawali akhir pekan Anda, Kami kembali menyediakan informasi prakiraan cuaca di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Berdasarkan analisa BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, ada dua wilayah Utara di Sultra bakal diguyur hujan sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengatakan dua wilayah tersebut, yakni Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan Kolaka Utara (Kolut).

Adapun waktu hujan turun di Kabupaten Konut, lanjutnya, hujan ringan pada pagi hari, hujan sedang hingga lebat disiang hari dan kembali ringan pada malam harinya. Sedangkan, untuk di wilayah Kolut, pagi hingga siang bakal diguyur hujan ringan.

Ia menyebutkan hal itu disebabkan oleh index SOI (tekanan permukaan di Tahiti dan tekanan permukaan di Darwin) dan ENSO (penyimpangan iklim di Samudera Pasifik yang ditandai dengan kenaikan suhu permukaan laut  di daerah katulistiwa bagian Tengah dan Timur) yang menunjukan nilai signifikan.

-IKLAN-

“Gelombang tipe Low Frequency dan Rossby Ekuatorial yang aktif terpantau di wilayah Sultra. Sehingga Anomali suhu muka laut di Perairan sekitar wilayah tersebut dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air),” katanya.

Selain itu, ia menyebutkan lapisan rendah dan Indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Bumi Anoa. “Sehingga faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan,” katanya.

Faizal mengungkapkan oleh karenanya itu, empat wilayah yang bakal dilanda hujan, yakni Kabupaten Konawe Utara (Konut) , Konawe Selatan (Konsel), Konawe dan Kota Kendari. (mcr6/jpnn)


Artikel ini telah tayang diJPNN.comdengan judul
“Sepanjang Hari Konut Diguyur Hujan, Waspada Banjir”,

Artikel ini telah tayang diJPNN.comdengan judul
“Sepanjang Hari Konut Diguyur Hujan, Waspada Banjir”,

Komentar Pembaca