Menpora dan Ketua INASPOC Tinjau Bakal Lokasi Pertandingan ASEAN Para Games 2022 di UNS

56
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali dan Ketua Pelaksana ASEAN Para Games Organizing Comitee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada Senin (18/7/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau bakal lokasi pertandingan ASEAN Para Games 2022 yang terletak di UNS.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho mendampingi secara langsung rombongan Menpora dan Ketua INASPOC dalam kesempatan kali ini. Prof. Jamal mengungkapkan rasa bangga karena UNS telah dipilih untuk menyediakan lokasi pertandingan pada ajang olahraga disabilitas terbesar di ASEAN ini.

“Suatu kebanggaan bahwa UNS ditunjuk menyiapkan venue-venue yang nanti akan digunakan sebagai pertandingan ASEAN Para Games 2022. Kita doakan kegiatan ASEAN Para Games di Solo tahun 2022 berjalan dengan lancar, sukses, penuh prestasi, dan kita doakan Indonesia jadi juara umum,” ujar Prof. Jamal.

Dalam perhelatan kali ini, beberapa sarana yang ada di UNS dijadikan lokasi pertandingan. Lokasi-lokasi tersebut di antaranya Gelanggang Olahraga (GOR) Fakultas Keolahragaan (FKOR), GOR Kampus Kentingan, dan Stadion UNS.

-IKLAN-

GOR FKOR rencananya akan digunakan sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga boccia. Sementara itu, GOR Kampus Kentingan akan digunakan untuk cabang olahraga goalball dan Stadion UNS digunakan sebagai lokasi pertandingan cabang sepak bola.

Usai meninjau, Menpora mengatakan bahwa saat ini semua lokasi pertandingan sudah siap. Menpora juga berterima kasih kepada Rektor UNS yang telah bekerja sama untuk mempersiapkan lokasi-lokasi pertandingan tersebut.

“Setelah apa yang kita lihat, di sini benar-benar dalam kondisi yang siap. Terima kasih Pak Rektor yang telah menyiapkan fasilitas ini. Tinggal bagaimana pelaksanaannya, itu tugas beliau Mas Wali Kota. Kami dari pemerintah pusat melihat kesiapannya sudah oke dan optimis ASEAN Para Games 2022 bisa berjalan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Ketua INASPOC sekaligus Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka juga menyatakan kesiapan pelaksanaan ASEAN Para Games 2022. Gibran mengatakan bahwa lokasi-lokasi pertandingan sudah siap semua. Saat ini pihaknya fokus untuk mempersiapkan rangkaian touch relay dan upacara pembukaan yang rencananya akan digelar di Stadion Manahan pada 30 Juli nanti.

“Venue-venue sudah siap semua, sudah sesuai standar, dan sekarang kita sedang persiapkan kedatangan para atlet.  Selain para atlet, kita mempersiapkan touch relay dan opening ceremony. Dalam waktu dekat ini lebih kita siapkan dan detailkan,” ucap Gibran. Humas UNS

(UNS)

Komentar Pembaca