Andi Sultan Bakri Lantik 65 Pengurus HAKLI Kabupaten Kolaka

178
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRESS.COM – Sebanyak 65 Pengurus Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Kolaka periode 2020-2025, akhirnya dikukuhkan.

Kegiatan pengukuhan HAKLI Kolaka, dikukuhkan secara langsung oleh Ketua HAKLI Sulawesi Tenggara, Andi Sultan Bakri, SKM.,M.Sc, di Kabupaten Kolaka, Selasa 17 Juli 2022.

Andi Sultan mengatakan, sanitarian di Sultra yang sudah melakukan registrasi online by name by address sekira 500an. Mereka tersebar di berbagai fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta.

-IKLAN-

“Sebenarnya jumlahnya lebih dari itu, namun sebagian tidak mendaftarkan diri secara online. Ada aplikasi yang bisa diakses sanitarian agar terdaftar di HAKLI, tapi tidak semua mendaftar,”katanya.

Lanjut Bendum BPW KKSS Sultra itu menyampaikan, saat ini hampir setiap Puskemas memiliki petugas sanitarian. Hanya saja, kadangkala penempatannya tak sesuai keahliannya. Biasanya sanitarian ditempatkan di layanan obat atau lainnya. 

“Tapi itu wajar, sanitarian bisa ditempatkan di bidang apa saja, sebab saat menjalani pendidikan, kita tak hanya belajar urusan kesehatan, namun juga teknik meskipun tidak begitu mendalam. Saat kuliah, diajar membangun jamban dan lainnya,” ungkapnya.

Pria kelahiran Bone itu mengajak pengurus HAKLI kabupaten/kota untuk mendorong pemerintah setempat agar mengusulkan kebutuhan sanitarian saat seleksi penerimaan CPNS atau tenaga kontrak. Sebab, kata dia, lembaganya menggagas satu desa, satu sanitarian.

“Dengan adanya sani tarian di setiap desa, tentu bisa membantu masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ucapnya.

Saat ini, ia mengungkapkan pengurus HAKLI telah terbentuk di 17 kabupaten/kota di Bumi Anoa. Jadi ia optimis bila program satu desa, satu sanitarian bisa ter wujud. (KP/Red)

Komentar Pembaca