Draupadi Murmu Resmi Jadi Presiden India

61
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Draupadi Murmu resmi menjadi presiden pribumi pertama India dan wanita kedua yang memegang jabatan tersebut.

“Dalam kapasitas saya sebagai Returning Officer, saya menyatakan Droupadi Murmu sebagai Presiden India,” kata Returning Officer PC Mody usai pemilihan dikutip dari One India.

Murmu resmi terpilih sebagai Presiden India pada Kamis (21/7) setelah menang dalam pemungutan suara.

Dalam proses pemungutan suara, Murmu menang dengan meraih 64% suara mengalahkan pesaingnya Yashwant Sinha yang memperoleh 36% suara.

-IKLAN-

Murmu mengantongi suara dari total 2.824 pemilih, termasuk 540 anggota parlemen. Sedangkan Sinha mendapat suara dari 1.877 pemilih termasuk 208 anggota parlemen dalam pemilihan.

Di antara negara bagian, Murmu mendapat suara maksimal dari Uttar Pradesh, Maharashtra dan Andhra Pradesh sementara penghitungan Sinha adalah yang tertinggi di Benggala Barat dan Tamil Nadu.

Semua Anggota Majelis Legislatif (MLA) dari Andhra Pradesh dan Sikkim memberikan suara mendukung Murmu, sementara di Arunachal Pradesh dia mendapat suara dari semua legislator kecuali empat dan semua MLA kecuali satu di Nagaland. 

Sementara Sinha tidak mendapatkan satu suara pun dari majelis di Andhra Pradesh, Nagaland dan Sikkim.

Murmu juga mendapat suara maksimum dari Anggota Parlemen dan paling sedikit di Kerala di mana dia hanya mendapat satu suara.

Komentar Pembaca