DPR Ingatkan Cadangan Migas RI Tak Cukup Sampai 10 Tahun Mendatang

62
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Cadangan minyak dan gas (migas) Indonesia dinilai tak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri sampai 10 tahun mendatang.

Oleh karenanya, penemuan cadangan migas baru menjadi keharusan bagi Indonesia. Jika tidak, maka cadangan yang ada saat ini bakal habis kurang dari 10 tahun mendatang.

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengatakan saat ini cadangan minyak bumi proven potensial Indonesia sebesar 4,17 miliar barel dan cadangan proven sebesar 2,4 miliar barel.

“Umur kurang lebih 9,5 sampai 10 tahun kalau tidak ditemukan cadangan baru sebesar (blok) Cepu,” ujarnya dalam acara Forum Kapasitas Nasional II-2022 di Jakarta Convention Center, Kamis (28/7).

Menurut Sugeng, Indonesia memang memiliki 128 cekungan yang berisi endapan mineral, tetapi potensinya belum diketahui seberapa besar.

-IKLAN-

Dari total tersebut, cekungan yang dieksplorasi baru sebanyak 60 cekungan. Sisanya masih ada 68 cekungan yang belum diteliti dieksplorasi.

Kemudian, dari 68 cekungan yang belum dieksplorasi tersebut, sebagian besar ada di laut dalam.

Ini tentunya makin sulit untuk dijamah dan bakal membutuhkan biaya besar untuk mengeksploitasinya.

“Sebagian besar ke laut dalam. Kalau mau di eksplorasi dan eksploitasi, maka perlu insentif fiskal maupun non fiskal untuk skema bisnisnya,” jelasnya.

(idy/sfr/cnn)

Komentar Pembaca