Seorang Anggota Polisi di Polresta Kendari Berpangkat AIPTU Raih Gelar Doktor Predikat Cumlaude

2,919
Dengarkan Versi Suara

AIPTU Sofyan raih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dengan nilai IPK 3,95

KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) kembali mewisuda dan meluluskan sebanyak 1.716 orang, yang tersebar dalam 15 Fakultas, 1 Program Pendidikan Vokasi, dan 1 Program Pascasarjana periode April-Juli 2022 di Sport Center UHO secara blendid (online dan offline), Kamis (28/7).

Salah satu Wisudawan, AIPTU Sofyan, merupakan anggota Polisi yang bertugas di Polresta Kendari meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi pada Program Doktor, Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana. Tak tanggung-tanggung, pria kelahiran 1981 ini meraih predikat Cumlaude dengan nilai IPK 3,95.

Pria kelahiran kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan itu mampu meningkatkan pendidikan di tengah kesibukannya sebagai anggota Polri yang selalu siap sedia melayani masyarakat dan juga kesibukannya sebagai pengurus beberapa organisasi kemasyarakatan yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Nilai terbaik kata Sofyan bukanlah satu-satunya tujuan. Karena yang tak kalah penting adalah bagaimana ia dapat mengimplementasikan dan membagikan ilmunya sehingga bisa bermanfaat kepada  orang lain.

“Semua berkat kerja keras dan dorongan keluarga, teman–teman yang tak pernah berhenti mensupport saya. Khususnya terimakasih kepada Rektor UHO Prof Zamrun, Bapak Kapolda Sultra dan Kapolresta Kendari,” ucapnya.

Dia mengajak Anggota Polri lainnya untuk mengikuti jejaknya dengan tidak lelah mengikuti dan menjalani studi, “Jangan pernah lelah menuntut ilmu. Jika bisa kuliah ya kuliah. Ingat jerih lelahmu tidak akan pernah sia-sia. Jika Sumber Daya Manusia (SDM) kita unggul maka Polri akan jauh lebih baik lagi. Untuk itu mari mulai dari diri kita dahulu untuk mengembangkan diri,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc mengatakan wisuda bukanlah akhir untuk berhenti belajar. Namun sebaliknya, ilmu yang sudah didapatkan di kampus ini digunakan untuk kemaslahatan umat manusia dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin komplek ke depan.

-IKLAN-

Rektor Prof. Zamrun berharap para wisudawan/wati sukses dalam mengarungi kehidupan. Untuk itu, dia meminta alumni mempersiapkan dan memantaskan diri sebelum kesempatan itu datang. “Bekali diri dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang memadai, agar anda bisa lebih baik, selalu kreatif, inovatif dan adaptif terhadap pembaruan dan mampu menyesuaikan diri dari berbagai tantangan dan keadaan yang kurang mendukung,” ujarnya Rektor UHO Prof. Zamrun dalam pidato sambutannya dalam rapat senat luar biasa, kemarin.

Bagi Rektor UHO Prof.Zamrun, belajar adalah sebuah peristiwa mental. Sebuah proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respons. “Tapi lebih dari itu bahwa belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan ketulusan hati untuk diniatkan membantu sesama,” ungkapnya.

Dari penelusuran Awak media ini, Dr. Sofyan, SE., M.M, Lahir pada tanggal 13 November 1981 di Kabupaten Sinjai kota Sinjai Sulawesi Selatan.

Sofyan Anak bungsu dari empat bersaudara dari pasangan Puang Hademan dan Edah.

Sofyan menyelesaikan pendidikan dasar di  SD 48 Lappae Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai dan tamat Tahun 1993.

Kemudian Sofyan melanjutkan pendidikannya di SMPN 4 Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai dan tamat Tahun 1996.

Tahun 1999 Sofyan menyelesaikan studinya di SMUN 1 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai, dan melanjutkan , Pendidikan S1 di Universitas 45 Makassar, Jurusan Ekonomi, kemudian di Tahun 2018 Sofyan menyelesaikan Pendidikan S2 di Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo jurusan Ilmu Manajemen.

Tahun 2000 Sofyan  terangkat sebagai Anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri)  dan di tugaskan di POLRES Muna menjadi Basatreskrim sampai Tahun 2008.

Kemudian Tahun 2008  sampai 2019 Sofyan menjabat Kanit III Sosbud Satintelkam Polres Muna. Pada tahun 2019 Sofyan bergabung di Intelkam Polda Sultra, setelah itu pada  Bulan Maret 2022 Sofyan bertugas  di Polresta Kendari.

Disamping sebagai tugas anggota POLRI Aktif juga di Organisasi Kemasyarakatan yaitu sebagai Ketua Himpunan Masyarakat Sinjai Sulawesi Tenggara, Sekertaris Umum BPW KKSS Sulawesi Tenggara, dan Koordinator Panguyuban Nusantara. (red)

Komentar Pembaca