Kaka, Pencetak Gol Indonesia di Piala AFF U-16 Ingin Lampaui Sang Ayah

77
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Timnas Indonesia U-16 memenangi laga perdana Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan menekuk Filipina 2-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7) malam. Arkhan Kaka Putra berkontribusi dalam dua gol yang tercipta di laga ini.
Gol bunuh diri pemain Filipina, Jared Pena adalah hasil salah mengantisipasi umpan Kaka.

Adapun gol kedua diciptakan Kaka setelah memaksimalkan umpan silang dengan baik.

“Alhamdulillah hirobbil alamin, semua karena kerjasama tim, bukan hanya saya, karena kerja keras pemain, teman-teman, ofisial, dan pelatih dan alhamdulillah hari ini Allah telah mengabulkan doa kita,” kata Kaka usai jalannya laga di Stadion Maguwoharjo.

Di mata pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti, Kaka memiliki prospek. Pemain kelahiran 2007 itu pun telah berkomitmen untuk melampaui permainan sang ayah, Purwanto Suwondo.

Purwanto adalah striker kelahiran Lampung yang juga merupakan mantan pemain timnas. Dia juga pernah berduet bersama Bambang Pamungkas di lini depan Persija.

-IKLAN-

“Dia (Kaka) berjanji sama saya dia harus lebih hebat dari bapaknya,” kata Bima.

Perjuangan Kaka masuk ke skuad Bima Sakti disertai jatuh bangun. Namanya sempat dicoret pada tahap seleksi awal sebelum dia berhasil membuktikan dirinya layak membela Garuda Muda.

“Sempat kecoret di seleksi awal, waktu bulan Mei 2021. seleksi dari 169 pemain. Termasuk Kaka kita coret. Ternyata dia bisa bangkit saat ikut Elite Pro Academy Bhayangkara U-16 dia bisa jadi salah satu topskor Bhayangkara FC,” ucap Bima.

Namun bagi Bima, semua pemain di skuadnya kini memiliki potensi untuk mengembangkan level permainan masing-masing.

Rendah hati, selalu belajar, dan tak cepat puas menurutnya adalah kunci bagi setiap pemain untuk bisa terus berkembang.

Jalan Timnas Indonesia U-16 di AFF 2022 masih panjang. Setelah ini di laga lanjutan Grup A mereka akan berhadapan dengan Singapura pada tanggal 3 Agustus.

“Ya saya bersyukur punya tim kali ini dibandingkan 2019 kemarin kita hanya punya Marselino yang menonjol, dan ada berapa pemain yang menonjol juga. Tapi, di sini hampir merata. Semuanya kemampuannya sama, jadi saya enggak canggung untuk memasukkan pemain pengganti,” pungkas Bima. (cnn)

Komentar Pembaca