IKA Unhas Muna dan Muna Barat Gelar Musda

173
Dengarkan Versi Suara

RAHA – Ikatan Alumni Unhas Daerah Kabupaten Muna dan Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar Musyawarah Daerah (Musda) yang dirangkaikan dengan Temu Alumni di Hotel Ungu, Kota Raha, Kabupaten Muna, Minggu (7/8/2022).

Alumni Unhas di dua kabupaten tersebut cukup antusias menghadiri kegiatan itu, yang terlihat dari ruangan kegiatan yang dipenuhi peserta. Sekretaris Umum IKA Unhas Wilayah Sultra Andi Syahrir, S.TP, M.Si menghadiri sekaligus membuka acara tersebut.

Musda tersebut menghasilkan ketua yang dipilih secara aklamasi. IKA Muna memilih Eddy Uga, SH, M.Si sebagai ketua, dengan Sekretaris Samran, ST, dan Bendahara Wa Ode Nur Adyanti, S.Pt, MM.

Eddy Uga merupakan alumni Unhas dari Fakultas Hukum. Dia merupakan seorang PNS dan menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Muna.

Adapun IKA Muna Barat memilih H. Uking Djassa, SH sebagai ketua, didampingi Sekretaris Munawir Dio, ST dan Bendahara Agus Mustika Sari, ST.

Uking Djassa merupakan alumni Fakultas Hukum dan berprofesi sebagai politisi. Saat ini, dia merupakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muna Barat.

-IKLAN-

Musda yang digelar oleh IKA Muna dan Muna Barat merupakan musda IKA daerah pertama, sekaligus menjadi IKA daerah pertama dan kedua yang terbentuk di wilayah Sultra.

“Setelah musda ini, selanjutnya kita menunggu ketua terpilih untuk segera menyusun perangkat kepengurusannya, lalu kita tetapkan melalui surat keputusan pengurus wilayah. Kemudian, kita agendakan untuk pelantikan,” kata Sekum IKA Unhas Sultra Andi Syahrir, S.TP, M.Si.

Menurut Andi Syahrir, pembentukan IKA Daerah di Sultra merupakan program prioritas Pengurus Wilayah IKA Unhas Sultra. Dikatakan, jajaran pengurus wilayah di bawah kepemimpinan Ketua IKA Sultra Drs. Asrun Lio, M.Hum, Ph.D terus mendorong kabupaten/kota untuk membentuk IKA Daerah.

Sementara itu, Ketua IKA Unhas Muna terpilih Eddy Uga, SH, M.Si mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dengan seluruh alumni yang ada di Muna untuk menyusun kepengurusan lengkap.

“Kita mencoba mengoptimalkan seluruh potensi alumni Unhas yang ada di Muna untuk berkontribusi dalam pembangunan di daerah ini,” kata Eddy.

Sementara Ketua IKA Unhas Muna Barat H. Uking Djassa, SH mrengungkapkan, pelaksanaan musda gabungan dua daerah ini tidak terlepas dari latar belakang sosiologis Kabupaten Muna dan Muna Barat.

“Muna dan Muna Barat itu sesungguhnya satu entitas. Kita hanya dibedakan oleh administratif. Tapi sesungguhnya kita adalah satu. Itulah salah satu yang melatarbelakangi kenapa musda ini digelar di tempat yang sama,” jelas Uking.

Menurut dia, awalnya IKA Unhas yang akan dibentuk di Pulau Muna akan dinamakan IKA Muna Raya. Namun, ketentuan AD/ART yang mengharuskan pembentukan IKA Daerah berdasarkan kabupaten/kota, maka masing-masing dibentuk sesuai kabupatennya. (rd)

Komentar Pembaca