Uji Coba Soal dan Pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia di KBST

65
Dengarkan Versi Suara

Kendari, 10-11 Agustus 2022 Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) menggelar Uji Coba Soal Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka di laboratorium UKBI KBST. Uji Coba Soal UKBI Adaptif Merdeka ini sebagai bentuk pengembangan dan penyempurnaan UKBI Adaptif merdeka sebagai alat uji yang mumpuni dan diakui untuk mengukur kemampuan berbahasa seseorang.

“UKBI Adaptif memang diharapkan sebagai instrumen pengukur kemampuan berbahasa secara nasional, jadi Uji Coba Soal UKBI kali ini dilaksanakan juga di seluruh balai/kantor yang ada dengan jumlah peuji yang berbeda-beda,” ujar Kepala KBST, Uniawati, sewaktu membuka kegiatan ini.

Acara ini diikuti oleh dua puluh orang yang terdiri atas berbagai profesi, antara lain, guru, mahasiswa, dan wartawan. Uji Coba Soal UKBI Adaptif merdeka dilaksanakan empat kali pengujian dengan empat paket soal yang berbeda.

-IKLAN-

Setiap paket ujian terdiri atas seksi mendengarkan, seksi merespons kaidah, dan membaca. Hasil pengujian empat paket soal UKBI ini diharapkan dapat menujukkan bobot tiap-tiap soal dan menjadi bahan soal UKBI Adaptif Merdeka ke depan.

Selain itu, dalam kesempatan ini, pada hari kedua, para peserta mengikuti UKBI Adaptif Merdeka paket 1. Namun, ada pula yang memilih UKBI Adaptif Merdeka paket 2. Kepala KBST berharap agar peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dapat menyebarkan kepada rekan kerja dan khalayak agar berkenan mengikuti UKBI Adaptif.

UKBI Adaptif Merdeka memiliki tiga paket soal, yaitu paket 1 terdiri atas tiga seksi, yaitu seksi mendengarkan, seksi merespons kaidah, dan seksi membaca; paket 2 terdiri atas seksi mendengarkan, seksi merespons kaidah, seksi membaca, dan seksi menulis; dan paket 3 terdiri atas seksi mendengarkan, merespons kaidah, membaca, menulis, dan berbicara. Semua paket pengujian dilaksanakan secara daring.

Selama tahun 2022, atas kebijakan pemerintah (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), UKBI Adaptif Merdeka bagi siswa SMP/SMA sederajat dilaksanakan secara gratis/tanpa biaya.

UKBI Adaptif merdeka dilakukan secara daring menggunakan komputer dengan kamera atau gawai, jaringan internet yang stabil, dan penyuara telinga. Pihak sekolah yang ingin mengadakan tes UKBI bagi siswanya dapat menghubungi Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara. Pada tahun ini pula, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa akan mengapresiasi sekolah yang mengadakan UKBI Adaptif melalui #GiatUKBIAdaptifMerdeka.

Komentar Pembaca