Pengwil INI Sultra Gelar Seleksi ALB dan Magang Bersama Tahun 2022

83
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Sebanyak 49 calon Notaris muda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) lulusan Prodi Magister Kenotariatan (M.Kn) mengikuti seleksi Anggota Luar Biasa (ALB) dan Magang Bersama di Salasatu Hotel di Kota Kendari, Sabtu (20/8/2022).

Seleksi ALB dan Magang Bersama itu diselenggarakan oleh Ikatan Notaris Indonesia Wilayah Sulawesi Tenggara (Pengwil INI Sultra) mulai Pukul 08.00 pagi.

Ketua Pengwil INI Sultra, Rayan Riadi S.H, M.Kn mengatakan kegiatan ini merupakan program yang diadakan dari Pengurus Pusat INI, untuk memfasilitasi calon-calon notaris yang ada di seluruh indonesia.

“Kegiatan ini berlangsung satu hari saja, biaya hanya Rp300 ribu agar tidak memberatkan peserta. Ini program dari pusat dan masing-masing didelegasikan ke pengurus wilayah.Kegiatan digelar setiap enam bulan sekali.”katanya.

-IKLAN-

Menurut dia, seleksi ALB ini merupakan gerbang pertama kenotariatan, sebelum menjadi anggota dan untuk menjadi notaris. Seseorang menjadi anggota luar biasa harus melalui seleksi terlebih dahulu. Setelah dinyatakan lulus baru bisa mengikuti ujian kode etik, dan kemudian mengajukan permohonan jadi notaris.Sebelum diangkat ada tahapan lagi yaitu mengikuti yang PPKJN dipersiapkan Kemenkumham.  Rayan menyebut sistem yang dipersiapkannya bertahap, berjenjang dan berkelanjutan. 

Lanjut mantan ketua PPAT Sultra itu mengungkapkan tujuan kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan notaris-notaris yang berkualitas, notaris yang berpengetahuan yang luas dan handal. Memberikan pelayan sebaik-baiknya kepada masyarakat karena kita ikut membantu keperluan masyarakat.

Tambah Rayan, profesi notaris adalah profesi terhormat. Peserta adalah calon pejabat notaris ini pada akhirnya akan memberikan kepastian hukum kepada masyarakat.

Rayan berharap para notaris muda ini bisa menjaga jabatan, harkat, dan martabatnya. Karena fungsi notaris sebagai perpanjangan tangan pemerintah yaitu pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta autentik

“Saya berharap para notaris muda ini bisa menjaga jabatannya, karena Notaris ini merupakan jabatan terhormat. Nantinya memberikan pelayan sebaik-baiknya kepada masyarakat karena kita ikut membantu keperluan masyarakat.Marwah notaris harus tetap dijaga.,”pungkasnya.

Hadir menjadi pemateri, Miftah Husabri Asbar, S.H., M.Kn menyampaikan administrasi kantor kode etik notaris dasar-dasar tpa dan pembuatan akta terkait hukum orang dan keluarga. Tampak juga DR. La Ode Munawir, S.H., M.Kn, membawakan materi semester II, teknik pembuatan akta perikatan I (perjanjian bernama) dan teknik pembuatan akta perikatan II (perjanjian tak bernama). 

Sementara Sudirman, S.H., M.Kn menyampaikan teknik pembuatan akta-akta perbankan dan akta-akta jaminan kepada peserta semester III.  Muhammad Ishak, S.H., M.Kn., M.M.,  membawakan materi teknik pembuatan akta-akta terkait perseroan terbatas, teknik pembuatan akta badan-badan atau lembaga lainnya, dan teknik pembuatan akta terkait pewarisan untuk peserta semester IV. (red)

Komentar Pembaca