Inggris Tolak Rusia di G20: Putin Tidak Punya Hak Hadir di KTT Bali

51
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Inggris kembali mengutarakan penolakannya terkait keterlibatan Rusia dalam forum 20 negara perekonomian terbesar atau G20 selama masih menginvasi Ukraina.
London pun menegaskan penolakannya atas kehadiran perwakilan Rusia, termasuk Presiden Vladimir Putin, dalam rangkaian pertemuan G20 tahun ini yang diselenggarakan di Indonesia.

“Rusia tidak memiliki hak duduk di rapat G20 ketika agresinya ke Ukraina masih berlangsung,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris pada Minggu (21/8).

“Kami menyambut upaya Indonesia memastikan dampak-dampak perang Rusia dipertimbangkan, termasuk indikasi bahwa Ukraina akan diwakilkan oleh Presiden (Volodymyr) Zelensky di KTT G20 nanti,” paparnya menambahkan seperti dikutip Reuters.

-IKLAN-

Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20 yang diselenggarakan November mendatang. Dalam wawancaranya dengan Bloomberg, Presiden Joko Widodo mengatakan Putin dan Presiden China Xi Jinping akan hadir di KTT yang akan diselenggarakan di Bali nanti.

“Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga telah mengatakan kepada saya dia bakal datang,” kata Jokowi dalam wawancara bersama pemimpin redaksi Bloomberg, John Micklethwait, seperti dikutip Reuters, Kamis (18/8).

Kementerian Luar Negeri China belum merespons permintaan konfirmasi Bloomberg.

Sementara itu, juru bicara Kremlin menolak berkomentar atas kabar ini, tetapi pejabat lain yang familier dengan isu ini mengonfirmasi bahwa Putin berencana menghadiri KTT G20 secara langsung.

Sementara itu, juru bicara Kremlin menolak berkomentar atas kabar ini, tetapi pejabat lain yang familier dengan isu ini mengonfirmasi bahwa Putin berencana menghadiri KTT G20 secara langsung. (rds/cnn)

Komentar Pembaca