Terbuka untuk Umum, Fun Run 7,7k Bakal Meriahkan HUT Ke-77 TNI AL di Kendari

150
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 TNI AL Tahun 2022. Berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat umum bakal dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL atau Lanal Kendari. Salasatunya Fun Run 7,7k yang akan dilaksanakan pada puncak HUT Ke-77 TNI AL Tahun 2022 pada 10 September 2022 mendatang.

Komandan Lanal (Danlanal) Kendari, Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari mengungkapkan pelaksanaan berbagai lomba dan baksos selaras dengan arahan pimpinan TNI Angkatan Laut yaitu Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono yang menekankan kepada seluruh prajurit TNI AL agar lebih menggiatkan dan mengaktifkan berbagai kegiatan olahraga demi untuk menjaga kesehatan guna menangkal berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan dari penurunan kesehatan dan kesamaptaan jasmani prajurit yang salah satu penyebabnya adalah karena rasa malas dan kurangnya dalam melaksanakan aktifitas berolahraga.

“Untuk lomba lari 7,7 kilometer dilaksanakan di 34 provinsi. Ini kenapa 7,7 kilometer karena dalam rangka kemerdekaan ke 77. Kemudian dilaksanakan gerakan laut bersih nasional. Tadi saya sudah berkoordinasi juga di KSOP. Semua instamsi maritim sangat mendukung. Nanti kita akan pusatkan di Pantai Toronipa, TNI Polri juga kita libatkan,” ungkap Danlanal, Senin (5/9/2022).

-IKLAN-

Selain itu, alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 45 itu mengungkapkan dalam rangka menciptakan ketahanan pangan keluarga, perwira yang sebelumnya menjabat Pabandya RWP Ban III Tahwilmar Spotmaral Mabesal ini akan memimpin pelaksanaan tanam jagung sebagai program ketahanan pangan nasional yang akan berlangsung secara nasional di 77 titik di seluruh Indonesia.

“Kegiatannya ini dimotori oleh staf umum potensi maritim TNI AL. Jadi ada 77 titik di satuan komando kewilayahan dan satuan komando non kewilayaan ini dilaksanakan semuanya. Satuan Komando Kewilayahan itu terdiri dari Armada, Lantamal, Lanal dan Posal dan Satuan Komando non Kewilayahan seperti Korps Marinir, Poshidrosal dan Kolinlamil. Itu semuanya turut serta menyukseskan kegiatan ketahanan pangan nasional,” terang putra daerah Sultra ini.

Selain Fun Run dan tanam jagung, Abdul Kadir Mulku Zahari juga beberkan beberapa rangkaian HUT ke-77 TNI AL yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Diantaranya berupa pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat terutama gigi, mengingat pihaknya memiliki poli gigi di Lanal ini. Dilanjutkan dengan kegiatan sunatan massal di Pomal Lanal Kendari. donor darah, dan bakti sosial.

“jadi ada program bakti kesehatan, gerakan laut bersih nasional, gerakan ketahanan pangan, satu lagi lari 7,7km dalam rangka memeriahkan HUT TNI AL,” ungkap mantan Komandan Satuan Kapal Patroli Komando Armada RI Kawasan Timur (Satrol Koarmatim) itu.

Sementara itu HUT TNI AL jatuh pada 10 September. Melalui berbagai rangkaian HUT yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, putra Kepulauan Buton, Provinsi Sultra itu berharap masyarakat di Kota Kendari semakin mengenal TNI AL lebih dekat. (red)

Komentar Pembaca