Deretan Fitur iOS 16 yang Mengganggu dan Cara Memperbaikinya

55
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Apple telah meluncurkan iOS 16 dengan menyematkan beragam fitur di dalamnya, tetapi ternyata ada beberapa yang dinilai mengganggu.

Dilansir dari CNET, Kamis (14/09/2022), misalnya keberadaan tombol pencarian baru di beranda, ini terlalu mudah untuk ditekan secara tidak sengaja.

Untungnya, ada cara untuk menghilangkan atau menonaktifkan beberapa fitur dan pengaturan mengganggu di iOS 16. Berikut caranya.

1. Cegah Foto dan Video Pribadi Muncul Secara Tak Terduga

Kecerdasan buatan Apple memungkinkan foto dan video muncul di berbagai tempat pada iPhone yang Anda miliki, sebagai pengingat momen liburan keluarga, foto pasangan, dan liburan, tetapi Anda tidak selalu ingin foto pribadi muncul secara tidak terduga, terutama jika bersifat privasi, memalukan, atau tidak pantas.

Untungnya dengan iOS 16, sekarang Anda dapat mencegah foto yang dipilih serta koleksi yang dikurasi yang dikenal sebagai Memori, agar tidak muncul pada widget foto di layar utama dan di bagian Temukan atau Untuk Anda di Foto.

Untuk memblokir foto yang disesuaikan ini, luncurkan aplikasi Pengaturan, buka Foto dan alihkan Tampilkan Konten Unggulan, otomatis semua konten unggulan tidak akan terlihat lagi di perangkat Anda. Sebagai gantinya, konten hanya akan tersedia di perpustakaan foto dan album Anda.

2. Cegah Tombol Samping Agar Tak Mengakhiri Panggilan

Tombol samping atau daya di sisi iPhone Anda memungkinan dengan cepat untuk membuat perangkat Anda masuk mode Sleep atau sebaliknya.

Namun, jika Anda tidak sengaja menekannya selama panggilan telepon, Anda akan mengakhiri panggilan tersebut sebelum waktunya.

Jika Anda pernah mengalami kejadian seperti itu, iOS 16 dapat mencegah hal tersebut agar tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Pada opsi Pengaturan, buka Aksebilitas > Sentuh dan kemudian alihkan Kunci untuk Mengakhiri Panggilan, agar menghentikan tombol samping tidak mengakhiri panggilan Anda.

Jika Anda menekan tombol samping, layar ada akan dinonaktifkan, tetapi tetap melakukan panggilan tanpa gangguan.

-IKLAN-

3. Hapus Tombol Pencarian dari Layar Beranda Anda

Fitur Pencarian di iPhone memungkinan dengan cepat menemukan apa yang Anda cari, baik itu pesan teks, aplikasi pihak ketiga, file, catatan, dan lokasi di perangkat Anda ataupun di web.

Bagian terbaik dari fitur ini adalah dapat diakses dengan mudah dari layar beranda, yang perlu Anda lakukan adalah menyentuh ke bawah di mana saja pada layar, kemudian ia akan muncul.

iOS 16 telah menambahkan cara lain untuk mengakses Pencarian dari layar beranda melalui tombol kecil di atas layar Anda. Sayangnya, mudah untuk memicu kesalahan menekan secara tidak sengaja karena dekat dengan ibu jari Anda ketika menyentuh berbagai halaman beranda.

Untungnya, fitur iOS 16 dapat menonaktifkan hal ini. Cukup pergi ke Pengaturan, buka Layar Beranda dan matikan Tampilkan di Layar Beranda untuk menghapus Pencarian dari layar utama Anda.

Menu Pencarian akan hilang, dan digantikan oleh beberapa titik kecil yang mewakili berbagai layar beranda Anda.

4. Pulihkan ke Notifikasi Layar Kunci Lama

Desain ulang Apple menghadirkan perubahan terkait notifikasi bersama dengan widget, font, dan warna yang dapat disesuaikan, galeri wallpaper, hingga kreasi tanggal dan waktu di layar kunci.

Alih-alih ditampilkan pada bagian atas layar kunci Anda, notifikasi sekarang akan muncul di bagian bawah, yang dapat Anda ketuk untuk menampilkan layar penuh. Namun, tidak semua orang menyukai perubahan ini.

Jika Anda ingin kembali ke pengaturan notifikasi yang lama, pergi ke Pengaturan dan buka Notifikasi, kemudian pilih Tampilkan Sebagai, dan Anda akan melihat tiga opsi berikut:

– Count: Notifikasi muncul sebagai angka di bagian bawah layar.

– Stack: Notifikasi muncul dalam tumpukan di bagian bawah layar.

– List: Notifikasi benar-benar terlihat di layar Anda.

Untuk kembali pada gaya notifikasi yang lama, Anda dapat memilih opsi List.

(okezone)

Komentar Pembaca