Siapa Muhammad Said Fikriansyah, Remaja yang Dituduh Sebagai Bjorka?

68

KENDARIEKSPRES.COM – Muhammad Said Fikriansyah (17), remaja asal Kabupaten Cirebon, dituding sebagai identitas asli hacker Bjorka. Memangnya dia punya kemampuan meretas?

Sebelumnya, akun Instagram @volt_anonym menudingnya sebagai Bjorka dengan dalih berbagai jejak digital serta kualitas dokumen yang bocor.

Said, yang merupakan warga Gang Kebantengan Kelurahan Klayan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengaku kaget dituding sebagai Bjorka oleh akun Instagram @volt_anonym

“Saya enggak tahu Bjorka. Tapi malah dituduh sebagai Bjorka,” kata Said di Cirebon, Rabu (14/9).

Apakah Anda punya latar pendidikan atau keahlian sebagai hacker? Said mengaku sempat menempuh pendidikan di SMK Wahidin. Dia kemudian pindah ke paket C untuk belajar editing video.

“Saya bukan Bjorka, bukan hacker. Sekarang ini masih kejar paket C, baru 2 bulan. Ngedit video buat asah keahlian,” aku dia.

Dia pun merasa aneh dengan tudingan @volt_anonym dan berbagai pemberitaan mengenai dirinya.

“Saya tidak punya kemampuan buat nge-hack seperti apa yang dituduhkan sekarang,” ucapnya.

Said pun mengaku sudah menghubungi Polres Cirebon Kota untuk meminta pendampingan untuk menyampaikan klarifikasi atas informasi yang mendiskreditkan namanya.

“Tadi jam 11 siang saya kontak ke Polres Cirebon Kota. Jadi nanti saya bakalan cerita-cerita ke Polres,” kata dia.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, akun instagram @muhammadsaidfikriansyah memiliki satu unggahan foto.

Selain itu,berdasarkanulasandiforumKompasiana,namaMuhammadSaidFikriansyah beraktivitas dalam penyuntingan video.
Tia Apriliani, penulis di forum itu mengunggah informasi terkait Said pada 24 Agustus 2022.

“Pria bernama lengkap Muhammad Said Fikriansyah atau kerap disapa dengan nama Arif (Said ), kelahiran Cirebon, 8 Maret 2005 ini adalah seorang produser music sekaligus editor CGI indopride (Artlans & Drulantis).

“Dibesarkan di keluarga yang bukan dari kalangan produser, orang tua bekerja sebagai karyawan swasta di salah satu bank. Sejak kecil, Arif sudah hobi mengarang nada & membuat karya lagu di depan rumahnya. Arif sendiri sudah mulai berlatih serius secara otodidak di usia yang dini, yakni saat duduk di bangku kelas 1 SMP,” demikian keterangan di situs itu.

Sebelumnya, hacker Bjorka mengunggah sejumlah bocoran data yang diklaim didapat dari instansi pemerintah. Di antaranya, surat-surat untuk Presiden Jokowi.

Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan hacker Bjorka sudah teridentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.

Mabes Polri menyebut tim gabungan terpadu masih mengusut aksi dugaan peretasan data yang dilakukan oleh hacker Bjorka. “Tim gabungan masih bekerja,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Rabu (14/9). (cnn)

Komentar Pembaca