ASR Memberangkatkan Umroh 22 Warga Sultra ke Baitullah

1,288
Dengarkan Versi Suara

“ASR: Meski program ini merupakan kegiatan KKSS tetapi calon jemaah yang akan di berangkatkan umrah bukan dari KKSS saja. Tapi masyarakat Sultra yang bukan pengurus dan anggota KKSS”.

KENDARIEKSPRES.COM – Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Sulawesi Tenggara (Sultra) Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka, SE., membantu impian banyak warga Sultra agar bisa beribadah umrah ke tanah suci.

Kali ini Sebanyak 22 warga dari berbagai wilayah di 17 Kabupaten Kota di Sulawesi Tenggara  akan pergi menunaikan ibadah umroh. Mereka yang akan berangkat ke tanah suci itu ditanggung oleh Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka, atau yang akrab di sapa ASR.

Ekspresi sumringah terpancar dari wajah mereka. Pasalnya, mereka yang berangkat menginjakkan kaki di tanah suci kali ini merupakan warga kurang mampu. Tak hanya umroh gratis, mantan pangdam XIV Hasanuddin itu juga memberikan uang saku masing-masing kepada 45 Jamaah Umroh PT.Albilad Universal cabang Kendari.

Usai membuka manasik umroh PT.Albilad Universal Cabang Kendari di salasatu hotel di Kendari, Minggu (25/9/2022). Kepada awak media, Jenderal bintang dua itu mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan murni kegiatan sosial,

“Sebelum saya terpilih menjadi Ketua KKSS Sultra beberapa waktu lalu, saya sudah berniat untuk memberangkatkan umrah gratis bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk menunaikan ibadah umrah tetapi memiliki niat yang besar. Sehingga saya wujudkan ketika sudah terpilih menjadi Ketua KKSS,” ujar ASR,

ASR menambahkan, meski program ini merupakan kegiatan KKSS tetapi calon jemaah yang akan di berangkatkan umrah bukan dari KKSS saja. Tapi masyarakat Sultra yang bukan pengurus dan anggota KKSS.

“KKSS ini adalah rumah milik kita bersama, bukan warga KKSS semata. Tapi bukan berarti warga KKSS tidak diberangkatkan umrah secara gratis. In Sya Allah, tahun depan kita akan umrahkan gratis bagi orang-orang dari KKSS murni,” jelas ASR.

Mantan Pangdam XIV Hasanuddin itu berharap, semua elemen di Sultra dapat merawat kebersamaan ini. Seperti kata pepatah dimana bumi ini dipijak, di situ langit dijunjung.

“Sehingga KKSS ini akan membaur kepada semua komunitas yang ada di Sultra. Kita menginginkan melalui KKSS ini akan mendekatkan kesejahterakan kepada kita semua,” pungkas ASR.

-IKLAN-

Ditempat yang sama, Ketua Bidang Kerohanian BPW KKSS Sultra H. Andi muhammad Hasbi Saing, mengatakan pemberangkatan jemaah umrah ini merupakan program umrah gratis yang diinisiasi Ketua KKSS Sultra ASR  yang bertujuan untuk mewujudkan mimpi masyarakat untuk bisa ke tanah suci.

“Kami menyasar warga yang kurang mampu di 17 kabupaten-Kota di Sultra agar sama-sama bisa berkesempatan menunaikan ibadah umroh di Baitullah,” ungkapnya.

Lanjut Ketua Baznas Sultra itu membeberkan, standart utama itu yang akan diberangkatkan adalah orang yang tidak pernah menyangka akan bisa ke tanah suci atas kemampuan dirinya secara ekonomi.

“Puang (ASR,red) bilang tolong diprioritaskan masyarakat kurang mampu dan bisa mengaji, kemudian taat ibadah,” katanya.

Lanjut Ketua Mubaligh Sultra itu menyebutkan, kalau program umroh tersebut berlaku untuk umum tidak memprioritaskan warga KKSS Sultra, buktinya dari ke 21 warga tersebut bukan dari warga KKSS Sultra melainkan dari warga asli Buton, Wakatobi, Muna, Muna Barat, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Bombana dan Kolaka.

“Yang berangkat ini adalah masyarakat Sultra dari 17 kabupaten Kota, mereka akan berangkat mengunakan Biro Perjalanan Haji dan Umroh PT.Albilad Universal pada tanggal 28 Oktober 2022, start dari Jakarta langsung ke Madinah,” ungkap Andi Hasbi.

Andi Hasbi menambahkan program umroh gratis ini akan terus berlanjut karena merupakan program tetap dari KKSS Sultra bidang kerohanian yang bahkan lebih besar dengan jumlah yang akan berangkat ini.

“Justru yang kita berangkatkan pada pemberangkatan awal ini adalah non KKSS Sultra. Insyaallah ini adalah langkah awal dan akan terus berlanjut, mudah-mudahan  jumlah yang akan berangkat nanti akan lebih banyak,” tukasnya.

La Ode Muhammad Ali Zakariah (65) salasatu perangkat Masjid Qubah Ba’diah Kota Bau Bau yang diberangkatkan umrah secara gratis oleh ASR mengucapkan rasa syukurnya.  Kakek pensiunan itu mengaku tidak menyangka jika dirinya bisa mendapatkan kesempatan untuk berangkat ke tanah suci Makkah.

“Dari awal saya tidak menyangka jika akan berangkat umrah, terimakasih banyak atas kerendahan hati Puang ASR,” ucapnya.

Hal yang sama disampaikan Laode Maijilah (67), Tokoh Masyarakat Muna, di Desa Lakawoghe, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat itu juga mengaku tak menyangka bakal mendapatkan umrah gratis. Pria yang keseharian membawakan khutbah di masjid Agung Al Munajat Muna itu Apa yang menjadi doanya selama ini akhirnya terkabul.

“Alhamdulillah atas izin dari Allah sehingga saya melalui Puang ASR, saya bisa melaksanakan ibadah umroh,” katanya.

Di tempat yang sama, Arbaim (35) Warga suku Bajo Kabupaten Konawe Utara juga merasa senang. Pasalnya, dia mendapat hadiah umroh gratis. Pria yang berprofesi sebagai Nelayan pancing itu merupakan pengurus masjid Al Munawarrah Desa Tanjung Bunga Kecamatan Wawolesea.

Turut hadir pada manasik umroh itu, Direktur PT.Albilad Universal, H.Jamaluddin SH.MH., Kepala PT.Albilad Universal  Cabang  Kendari Dewi Kartini.SE., Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, Sekum BPW KKSS Sultra Sofyan, Bendahara BPW KKSS Sultra Andi Sultan. (red)

Komentar Pembaca