Ketua KADIN Sultra Anton Timbang Hibahkan Mesin Oksigen Generator dan 50 Unit Tabung Oksigen

254

KENDARIEKSPRES.COM – Pemerintah Kota Kendari secara resmi menerima hibah satu unit Kontainer Mesin Oksigen Generator untuk kebutuhan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari yang berstatus tipe B, dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Sulawesi Tenggara.

Prosesi serah terima bantuan yang diberikan secara simbolis oleh Ketua Kadin Sultra tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K. SE., ME di Halaman Gedung Infection Center RSUD Kota Kendari, Rabu (5/10).

Wali Kota Kendari mengatakan, bantuan generator oksigen ini sangat membantu pelayanan kesehatan di RSUD Kota Kendari. Dirinya juga mengapresiasi bantuan yang diberikan tersebut, menurutnya adanya mesin tersebut akan mengefisiensikan anggaran sekitar Rp1 miliar untuk pengadaan tabung oksigen di rumah sakit.

“Alhamdulillah, kami tidak perlu lagi membeli oksigen di luar dan bisa efisensi Rp.1 miliar per tahun. Sehingga dengan adanya bantuan ini sangat membatu pemerintah kota dalam peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat, nantinya anggaran Rp.1 miliar bisa dialihkan untuk mengoptimalkan pelayanan di RSUD Kota Kendari.” Jelasnya.

Ketua Kadin Sulawesi Tenggara Anton Timbang menjelaskan, bantuan diserahkan pada RSUD Kota Kendari karena kebutuhan oksigen Kota Kendari yang cukup tinggi dibandingkan dengan daerah lain di Sulawesi Tenggara, selain itu Kota Kendari punya peran besar dalam penyelenggaraan Munas Kadin di Kota Kendari beberapa waktu lalu.

“Dukungan Pemerintah Kota Kendari saat Munas Kadin sangat luar biasa sehingga kita bisa melaksanakan dengan sukses,” ungkap Anton Timbang.

Anton Timbang meminta maaf, seharusnya generator oksigen sudah tersedia saat meningkatnya kasus omicron, namun karena terkendala pengiriman dari China, sehingga kontainer generator oksigen baru tiba beberapa waktu lalu.

Anton timbang menambahkan, penyerahan bantuan dari Kadin ini merupakan yang ke tujuh di Indonesia. Karena barang lainnya masih sedang dalam proses pengiriman. Kadin juga mengaku siap mendukung pemerintah Kota Kendari jika dibutuhkan.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Direktur RSUD Kota Kendari dr. Sukirman, menurutnya saat ini kebutuhan oksigen di RSUD Kota Kendari setiap harinya sebanyak 40 tabung, sedangkan kapasitas generator oksigen ini bisa 48-60 tabung perhari sehingga kebutuhan oksigen bisa tercukupi bahkan lebih.

“Dengan adanya ini kita tidak perlu lagi membeli oksigen di luar, karena mesin ini bisa memproduksi oksigen sebanyak 48 tabung dengan kapasitas 6 kubik satu tabung,”pungkasnya.

Untuk diketahui, kontainer oksigen ini akan digaransikan selama dua tahun bersama dengan perawatan dan sparepartnya, Kadin juga akan memberikan tambahan bantuan tabung oksigen sebanyak 50 unit. (Red/FNN)

Komentar Pembaca