Walikota Baubau: Andi Sumangerukka Putra Sulawesi Tenggara, Jenderal Kebanggaan Masyarakat

1,131
Dengarkan Versi Suara

BAUBAU, – Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, La Ode Ahmad Monianse menyampaikan apresiasinya kepada Mayjen TNI (Purn) H. Andi Sumengerukka, atas Ikhtiar dan komitmen Ketua Badan Pengurus Pusat (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKSS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu yang terus berpartisipasi dalam membangun dunia pendidikan di Kota Baubau guna menyiapkan generasi unggul, generasi tangguh untuk masa depan Indonesia, khususnya di Sulawesi Tenggara.

Kata dia, dunia pendidikan adalah salah satu dari Sunnah Rasul, membangun pendidikan adalah sunah rasul, dan orang-orang yang tulus membangun dan memajukan dunia pendidikan merupakan orang orang yang dicintai oleh Rasulullah SAW.

“Komitmen Mayjen TNI Purn H. Andi Sumengerukka untuk membantu pembangunan Pondok Pesantren Al Amanah Baubau, adalah sebagai sebuah ikhtiar beliau untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045 mendatang. Saya atas nama Pemerintah tentunya  sangat mengapresiasi  dukungan Bapak Jenderal,” ucap La Ode Ahmad, saat membuka Perhelatan Acara Tahunan Santri Pesantren Al Amanah Liabuku Kota Baubau, pada Sabtu (8/10/2022) malam.

La Ode Ahmad Monianse mengatakan, Mayjen TNI Purn H. Andi Sumengerukka adalah adalah putra Sulawesi Tenggara, Jenderal Kebanggaan Masyarakat Sulawesi Tenggara. Andi Sumengerukka yang akrab dipanggil  ASR adalah putra terbaik Sulawesi Tenggara yang besar di Kendari, kemudian melanglang buana meniti karirnya di TNI AD. Selanjutnya bertugas di Kendari sebagai Danrem 143 Haluoleo, dan terakhir sebagai Pangdam XIV Hasanuddin dan kini kembali lagi ke Sulawesi tenggara.

-IKLAN-

“Mayjen TNI (Purn) H. Andi Sumengerukka, beliau adalah putra Sulawesi Tenggara, Jenderal Kebanggaan Masyarakat Sulawesi Tenggara. Besar dikendari, melanglang buana kemudian bertugas di kendari, terakhir sebagai Panglima Kodam XIV Hasanuddin. Kini beliau (ASR.red) kembali lagi ke Sulawesi Tenggara untuk bersama-sama kita,” tukasnya.

Kehadiran Ketua Badan Pengurus Pusat (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKSS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Mayjen TNI Purn H. Andi Sumengerukka di Pesantren Al Amanah Baubau disambut hangat warga dan Santri yang berduyun-duyun turut menyaksikan acara tersebut.

Kepada awak media, ASR mengungkapkan rasa bahagia dan bangga menjadi bagian Keluarga dari Masyarakat Buton. Kata dia, Buton adalah rumah kedua bagi Staff Ahli Bidang Ideologi dan Politik Badan Intelijen Negara tersebut.

“Disini (Buton-Baubau,red) adalah rumah kedua bagi saya, karena leluhur saya (Arung Palakka, red) pernah disini berjuang bersama-sama masyarakat Buton,” ungkapnya.

Menarik  silsilah keturunan, ASR adalah keturunan sah dari Panglima Perang Kerajaan Islam Bone. ASR merupakan cucu dari Panglima Perang Kerajaan Bone, bernama Petta Teru. 

Petta Teru merupakan keturunan Arung Palakka Raja Bone ke-15. Menurut kisah sejarahnya, Panglima Petta Teru dikenal sebagai sosok bangsawan Bugis yang sangat berani, tangkas dan gesit dalam mengambil sebuah keputusan untuk memulihkan situasi kerajaan kala itu. Dan sifata Petta Teru dinilai melekat erat dengan ASR. (red)



Komentar Pembaca