BPW KKSS Sultra Rekrut Relawan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

338
Dengarkan Versi Suara

KENDARI – Mengantisipasi bencana alam yang terjadi di Indonesia terutama di Sulawesi Tenggara. Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membentuk Relawan Satuan Tugas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana.

Penanggungjawab Tanggap Bencana BPW KKSS Sultra Daeng Pasorong, SE., SH., MS., Mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan merekrut relawan terlatih yang nantinya akan membantu korban bencana baik di darat maupun laut.

Keterlibatan para relawan tersebut diharapkan semakin memperkuat partisipasi masyarakat dalam penanganan bencana alam.

”Kami akan melatih relawan yang bisa mengevakuasi korban di berbagai medan, ” ujarnya.

Lanjut Daeng Pasorong mengungkapkan  Pembentukan Relawan Satuan Tugas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan

Bencana merupakan salah satu Program Kerja Bidang Kesehatan, Sosial dan Tanggap Bencana BPW KKSS Sulawesi Tenggara periode 2022–2027.

Rencananya di setiap Kabupaten/ Kota akan direkrut. Tim tersebut akan dipersiapkan untuk dimobilisasi dalam kegiatan sosial penanganan bencana di wilayah Sulawesi Tenggara apabila diperlukan.

Setelah direkrut, mereka akan dilatih secara khusus penanganan bencana oleh tim yang terdiri dari Badan SAR , BPBD, dan TNI.

-IKLAN-

“Untuk tahap awal, para relawan akan kami rekrut di Kota Kendari. Nantinya yang hendak diterjunkan ke lokasi bencana dilengkapi berbagai macam peralatan penanganan bencana. Persiapan yang matang sekaligus mempercepat proses evakuasi,” kata Daeng Pasorong.

Terkait potensi bencana, Daeng Pasorong mengatakan, kini satu hal yang perlu diwaspadai masyarakat Indonesia, khususnya di Sulawesi Tenggara dan seluruh dunia adalah fenomena perubahan iklim.

“Terjadinya fenomena perubahan iklim salah satunya disebabkan gaya hidup masyarakat sekarang yang cenderung tidak sehat. Kita semua harus ikut bertanggung jawab,” tukasnya.

Berbagai langkah pun mulai gencar dilakukan untuk menghadapi fenomena perubahan iklim, seperti melakukan penghijauan, mengurangi penggunaan plastik, kaleng serta botol plastik dan berusaha mengolah sampah menjadi kompos. Alasannya plastik membutuhkan waktu lama supaya hancur.

Warga juga didorong menghemat pemakaian energi listrik dan mengurangi penggunaan air. Selain itu, juga diminta mengurangi pemakaian bahan bakar kendaraan bermotor.

Berikut syarat dan pendaftaran Relawan Satuan Tugas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

1. Warga Indonesia, Pria – Wanita Berusia 18 – 40 tahun (melampirkan foto copy Kartu Penduduk)

2. Bertempat Tinggal di Kota Kendari (melampirkan foto copy Kartu Penduduk)

3. Menandatangani surat pernyataan kesediaan menjadi relawan TRC PB KKSS, kesediaan mengikuti pendidikan dan pelatihan TRC PB dan kesediaan dimobilisasi dalam kegiatan penanganan bencana alam apabila diperlukan (format surat pernyataan terlampir)

4. Apabila terdapat hal-hal yang perlu dikonfirmasi dapat menghubungi penanggungjawab Tanggap Bencana Saudara Contak Person 0813 5547 9604. (red)

Komentar Pembaca