Isu Reshuffle, Jokowi Bakal Tendang Nasdem dari Kabinet Menteri

97
Dengarkan Versi Suara

JAKARTA, – Jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menanggapi kabar Presiden Jokowi bakal mershuffle menteri dari NasDem. Itu disebabkan karena mengusung Anies Baswedan menjadi calon presiden atau capres di Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Herzaky, jika kabar tersebut benar, berarti negara sudah dikuasi oleh segelintir orang untuk mengatur jalannya roda pemerintahan.

“Seakan-akan negeri ini milik sendiri. Seakan-akan, semuanya harus dibaku atur oleh segelintir elit saja,” kata Herzaky dalam keterangannya, Jumat (14/9/2022).

Anak buah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu pun menyarankan Presiden Jokowi untuk tidak melakukan hal tersebut. Herzaky meminta orang nomor satu di Indonesia itu mengedepankan sikap negarawan dan tidak melakukan intimidasi terhadap partai politik.

“Jangan malah Presiden atau para pembantunya sok-sokan mencoba mengkooptasi, menggergaji hak dan kewenangan parpol,” tuturnya.

Sementara itu, Pengamat politik Jamiluddin Ritonga menilai rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mershuffle menteri dari NasDem akan menuai polemik.

-IKLAN-

Pasalnya, masyarakat bakal menilai Presiden Jokowi mershuffle menteri dari NasDem lantaran mengusung Anies Baswedan jadi capres. Menurut Jamiluddin, anggapan tersebut akan mencoreng citra Presiden Jokowi di tengah publik.

“Jadi, Jokowi akan tetap mendapat penilaian plus minus dari berbagai elemen masyarakat,” kata Jamiluddin dihubungi Pojoksatu. id, Jumat, (14/10/2022).

Karena itu, bila Jokowi mereshuffle menteri dari Partai Nasdem, sudah pasti akan memunculkan kegaduhan opini di ruang publik.

“Ini akan menambah kegaduhan publik jika Jokowi benar melakukan hal itu,” tutur Jamiluddin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat suara terkait kabar bakal adanya reshuffle di kabinet Indonesia Maju. Kabarnya Jokowi bakal reshuffle menteri dari Partai NasDem. Itu buntut dari mengusung Anies jadi capres.

“Rencana selalu ada (reshuffle),” Jokowi di Stasiun Kereta Cepat Indonesia China -Kereta Cepat Tegalluar, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis 13 Oktober 2022.

Namun, Presiden Jokowi belum bisa memastikan apakah reshuffle tersebut akan dilakukan dalam waktu ini. Yang jelas, orang nomor satu di Indonesia itu sudah memikirkan terkait dengan reshuffle kabinet Indonesia Maju.

“Pelaksanaan nanti diputuskan,” tutur Presiden Jokowi. [Pojoksatu]

Komentar Pembaca