Pj Bupati Bombana H. Burhanuddin Hadiri Pameran TTGN di Cirebon

82
Dengarkan Versi Suara

JAKARTA, –  Pj Bupati Bombana Ir. H. Burhanuddin,M.Si bersama Pj. Ketua TP-PKK Hj. Fatmawati Kasim Marewa, S.Sos Menghadiri Kegiatan Pameran Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN)  XXIII yang diadakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Kabupaten Cirebon, Rabu (19/10/22).

TTGN nasional ke-23 ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Kementerian Desa PDTT untuk menjaring kreativitas dan inovasi teknologi akar rumput sekaligus sebagai ajang tukar menukar informasi terkait inovasi teknologi tepat guna diseluruh Indonesia.

-IKLAN-

Inovasi teknologi tepat guna yang dipamerkan tersebut nantinya akan dimasukkan kedalam e-katalog Kemendes PDTT. Dengan demikian, produk hasil inovasi karya terbaik dapat dibeli dengan cara yang mudah tanpa pihak ketiga. Sehingga, apabila ada desa didaerah tertentu baik itu masyarakat luas, perorangan atau perusahaan yang membutuhkannya dapat memesan dan memanfaatkan produk tersebut.

Ada berbagai inovasi dibidang pertanian, perikanan, perkebunan, pengolahan sampah, level kawasan pedesaan, hingga kalangan industri turut ambil bagian dalam gelar TTGN tahun ini.

Dalam pembukaan gelar TTGN ke-23, Kemendes PDTT juga memberikan penghargaan secara langsung kepada inovator dari perwakilan seluruh provinsi di Indonesia yang telah mengikuti lomba TTG tingkat nasional.

Proses seleksi dilaksanakan mulai 19-23 September 2022 lalu. Peserta lomba TTG tingkat nasional yang berhasil lolos administrasi  dan berhak mengkuti seleksi seluruhnya berjumlah 48 dokumen lomba dari 20 provinsi yaitu lomba inovasi TTG sebanyak 19 peserta, lomba TTG unggulan 16 peserta, lomba pos pelayanan teknologi (posyantek) desa berprestasi sebanyak 13 peserta.

Dari hasil seleksi final lomba tiga kategori ini, dewan juri telah melakukan penilaian dan menetapkan pemenang lomba yang menerima penghargaan langsung dari Mendes PDTT. (red)

Komentar Pembaca