Tanggal 8 November 2022 Akan Terjadi Gerhana Bulan Total di Indonesia

70
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM, – Wilayah Indonesia akan mengalami gerhana bulan total pada 8 Nopember 2022. Fenomena alam itu dapat dilihat hampir diseluruh wilayah Indonesia. 

Mengutip situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) , fenomena alam berupa gerhana bulan total akan terjadi pada 8 November 2022.

Gerhana Bulan sendiri adalah sebuah peristiwa di mana cahaya matahari terhalang oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan, sehingga akan membuat bulan terlihat warna merah.

Dan gerhana bulan total terjadi saat posisi Bulan, Matahari, dan Bumi sejajar, yang mana, menurut BMKG, pada 8 November 2022 akan terjadi sekitar pukul 17.59.11 WIB.

-IKLAN-

BMKG kemudian menyatakan jika gerhana bulan total 8 November 2022 dapat diamati atau dilihat hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan rincian sebagai berikut:

Papua, Papua Barat, sebagian Maluku Utara, dan sebagian Maluku akan mendapati Bulan sudah dalam fase gerhana penumbra pada saat Bulannya terbit. Selanjutnya, ia akan dapat mengamati Gerhana Bulan Total 8 November 2022 hingga gerhana berakhir.

Sementara itu pengamat yang berada di sebagian Maluku, sebagian Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian besar Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, dan sebagian Jawa Timur akan dapat mendapati Bulan sudah dalam fase gerhana sebagian pada saat Bulannya terbit.

Pengamat yang berada di sebagian kecil Kalimantan Tengah, sebagian besar Kalimantan Barat, sebagian besar Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, sebagian Bengkulu, Bangka Belitung, sebagian besar Jambi, sebagian kecil Sumatera Barat, sebagian besar Riau, dan Kepulauan Riau akan dapat mengamati fase gerhana total hingga gerhana berakhir.

Dan pengamat yang berada di antara garis Puncak dan U3, yaitu di sebagian kecil Bengkulu, sebagian kecil Jambi, sebagian besar Sumatera Barat, sebagian kecil Riau, Sumatera Utara, dan Aceh untuk selanjutnya akan dapat mengamati Gerhana Bulan Total 8 November 2022 saat Bulan sedang terbit hingga gerhana berakhir.

Adapun durasi dari gerhana bulan ini dari awal mulai hingga berakhir adalah 5 jam 57 menit 5 detik. Dan durasi totalitas Gerhana Bulan 8 November 2022 ini akan berlangsung selama 1 jam 25 menit 44 detik. (*) 

Komentar Pembaca