Wakil Ketua Komisi V DPR RI Angkat Topi untuk Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto

1,025
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM, – Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto kembali menunjukan kualitasnya. Dibawah komandonya, Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sultra menindaklanjuti atensi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk memberantas segala praktik penambangan tanpa izin (PETI).

Tidak butuh waktu lama, tim Patroli Tipidter Polda Sultra yang dipimpin AKBP Priyo Utama, berhasil membongkar dan mengungkap sejumlah praktik penambangan ilegal di beberapa kawasan pertambangan yang ada di Sultra.  

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ir Ridwan Bae, memberikan apresiasi terhadap kinerja Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto beserta jajarannya, khususnya Tipidter IV Ditreskrimsus Polda Sultra.

-IKLAN-

“Perlakuan polisi saat ini, tindakan-tindakan yang dilakukan untuk menghentikan segala praktik PETI itu akan menguntungkan negara, serta tidak membuat tingkat kerusakan hutan yang akan mengakibatkan kerugian masyarakat kita yang nantinya mendapatkan dampak dari ilegal mining tersebut seperti banjir dan lain lain,” ucap Ketua DPD Partai Golkar Sultra itu kepada Kendariekspres.com, Rabu (11/3/2022).

Menurut mantan Ketua KADIN Sultra ini, penegakkan hukum yang dilakukan Polda Sultra saat ini perlu didorong, dibantu, dan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat Sulawesi tenggara, terutama yang terkait dengan penegakan hukum pertambangan di Sulawesi Tenggara.

Tidak hanya itu, kata dia, praktik ilegal mining bukan cuman bagaimana oknum tersebut menambang illegal, tetapi kegiatan pemuatan hasil pertambangan itu juga terkadang menggunakan dokumen terbang.

“Penggunaan dokumen terbang itu juga marak disultra, terkadang pelabuhannya yang harus digunakan seperti Jetty A, tapi dipakai di Jetty B.  Polisi harus membasmi semua itu,” tegas Ridwan.

Pria kelahiran Kabupaten Raha itu berharap kedepannya Kapolda Sultra memberi contoh dan melibatkan semua stakeholder terkait. Jika perlu Polda Sultra juga memantau stakeholder yang tidak taat terhadap langkah–langkah yang diambil oleh Polda Sultra dalam upaya pemberantasan illegal mining di Sultra.

“Masyarakat Sultra ingin Polda Sultra menjadi embrio dan Roll model untuk seluruh kepolisan di Indonesia dalam mewujudkan Sultra ‘Zero’ ilegal mining. Kita harapkan jangan setengah-setengah. Saya angkat topi dengan Irjen Pol Teguh Pristiwanto, kalau itu dilakukan dengan baik,” tandasnya. (ikhsan)

Komentar Pembaca