Ada Potensi Tsunami Raksasa, Kita Bisa Apa?

29

KENDARIEKSPRES.COM, – Sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa ada potensi tsunami yang bisa setinggi 34 meter di Indonesia. Prediksi ketinggian tsunami ini melebih tsunami Aceh.

Penulis utama dari BMKG Pepen Supendi dari penelitiannya mengungkap potensi itu berkaitan dengan tingkat kegempaan yang tinggi di dalam serta sekitar Jawa Barat dan Sumatera yang merupakan akibat dari pertemuan lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah lempeng Sunda.

Dalam penelitian tersebut terdapat sejumlah ahli kegempaan dalam negeri, yakni Dwikora Karna Wati, Tatok Yatimantoro dan Daryono dari BMKG. Dari BRIN, termasuk University of Cambrige dan BNPB, sehingga penelitian ini tidak main-main dan bukan sembarangan.

Tim penelitian memanfaatkan katalog data seismik yang bersumber dari BMKG dan pusat penelitian seismik internasional periode April 2009-Juli 2020 untuk melakukan hiposenter gempa. Jika dilihat dari definisinya, megathrust ini adalah kondisi pecahnya batas lempeng yang terjadi di bidang kontak dua lempeng teknonik yang bertemu di zona subduksi. (red)

Komentar Pembaca