Jokowi Memilih Jadi Rakyat Biasa Usai Tak Lagi Jabat Presiden

17
Dengarkan Versi Suara

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap ingin kembali menjadi rakyat biasa setelah masa jabatannya habis pada 2024 mendatang. Dia mengaku akan kembali ke daerah asalnya, Solo, Jawa Tengah.

Pernyataan ini disampaikannya dalam sebuah wawancara bersama The Economist yang ditayangkan di YouTube. Sambil tersenyum, Jokowi mengaku akan kembali menjadi rakyat setelah masa jabatannya habis.

“Saya akan kembali ke kota saya, Solo. Sebagai rakyat biasa,” kata Jokowi sambil tersenyum dikutip dari tayangan YouTube, Senin, 14 November.

-IKLAN-

Tak hanya itu, Jokowi mengaku akan aktif di bidang lingkungan hidup. Dia tak memerinci apa yang akan dilakukannya.

Hanya saja, eks Gubernur DKI Jakarta itu menyebut akan berpartisipasi membuat Indonesia lebih hijau ke depannya.

“Kira-kira itu,” ujarnya sambil tersenyum.

Lebih lanjut, Jokowi berharap setelah dirinya tak lagi menjabat sistem yang sudah dibangunnya bisa terus dijalankan. Perubahan pola pikir dan cara kerja bisa dipertahankan.

Menurutnya, langkah ini harus dilakukan untuk membuat Indonesia menjadi salah satu negara maju. Apalagi, jika segala perubahan ini dibarengi dengan kekuatan dari berbagai sektor.

“Karena dengan perubahan mindset, dengan perubahan cara kerja baru saya meyakini dengan kekuatan sumber daya alam, sumber daya manusia, kekuatan pasar yang besar kita akan bisa melompat ke negara maju,” pungkasnya. (VOI)

Komentar Pembaca