Battery EV Toyota Pertama di Indonesia

24
Dengarkan Versi Suara

Pilihan Terbaru Teknologi Elektrifikasi Toyota untuk Mendukung Mobilitas Zero Emission

KENDARIEKSPRES.COM, – Mobil listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) mass production pertama, All New Toyota bZ4X, resmi diluncurkan untuk melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi di Indonesia. Sekaligus menjadi realisasi komitmen Toyota untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan yang lengkap bagi beragam kebutuhan masyarakat.

Robby Wijaya selaku Chief Operation Officer Kalla Toyota mengungkapkan, di gelaran Toyota Carnaval 2022 kali ini Kalla Toyota dengan bangga meluncurkan Toyota All New bZ4X untuk melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi untuk masyarakat Sulawesi. “Kehadiran Toyota All New bZ4X hadir untuk menjawab tantangan akan kendaraan listrik di kemudian hari. Sekaligus menjadi realisasi komitmen Kalla Toyota untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan yang lengkap bagi beragam kebutuhan masyarakat. Kami harap Toyota All New BZ4X bisa unggul dan menjadi kendaraan listrik unggulan dari Kalla Toyota,” ungkap Robby Wijaya selaku Chief Operation Officer Kalla Toyota.

Komitmen Toyota terkait kendaraan elektrifikasi tidak lepas dari upaya mendukung penuh strategi pemerintah Indonesia dalam mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060, yang juga sejalan dengan Toyota Environmental Challenge 2050 untuk mengurangi emisi karbon dalam berbagai aspek bisnis, termasuk produk dan teknologi.

“Sejalan dengan komitmen Mobility for All, kami melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi yang sudah ada dengan All New bZ4X sebagai produk Battery EV Toyota pertama yang dipasarkan untuk pelanggan di Indonesia. All New bZ4X  merupakan salah satu bentuk realisasi visi Toyota dalam menghadirkan ever-better cars sebagai sarana mobilitas masyarakat yang bebas polusi dan ramah lingkungan,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

Di Indonesia, Toyota telah menghadirkan produk elektrifikasi sejak tahun 2009 dan pilihan produk serta teknologinya pun terus bertambah. Hingga kini, TAM secara total melalui Toyota dan Lexus memiliki 14 pilihan produk elektrifikasi, dengan teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. Selama lebih dari 1 dekade memasarkan produk elektrifikasi, TAM berhasil mencatat total penjualan 7,021 unit hingga tahun ini.

Banyaknya pilihan teknologi elektrifikasi yang disediakan Toyota bertujuan  agar masyarakat bisa memilih kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan lifestyle-nya masing-masing dalam bermobilitas. Sehingga semua anggota masyarakat bisa ikut berkontribusi mengurangi emisi karbon dengan menggunakan teknologi eco friendly.

All New bZ4X menjadi pionir Battery EV Toyota sekaligus melengkapi line up kendaraan elektrifikasi di Indonesia yang terdiri dari teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. Dengan ini, pelanggan bebas memilih kendaraan elektrifikasi Toyota yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Sehingga membuka kesempatan bagi semua untuk bisa berkontribusi mengurangi emisi karbon sembari menjalankan mobilitasnya bersama teknologi kendaraan ramah lingkungan dari Toyota,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

-IKLAN-

Mobilitas Aman, Nyaman, dan Zero Emission dengan All New bZ4X

All New bZ4X dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle. Salah satu kelebihannya adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.  Lithium-ion Battery dibZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

“Dengan penggunaan platform e-TNGA, baterai bZ4X bisa diintegrasikan ke dalam sasis sehingga aman dari benturan dari berbagai sisi. Water cooling system yang menyatu dengan sistem AC mobil dimanfaatkan untuk menstabilkan suhu baterai setelah penggunaan yang ekstensif demi menjaga performa dan keamanan baterai,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Masuk ke dalam, tema interior bZ4X adalah kenyamanan dan kelapangan yang memberikan suasana kabin ala living room. Dipadukan dengan layar sentuh 12,3 inch terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone. Pertama pada mobil listrik di Indonesia, terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Sebagai sebuah mobil yang advanced, All New bZ4X memanfaatkan fitur safety aktif yang paling canggih demi melindungi pengendara serta pengguna jalan lainnya yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Disematkan pula fitur telematika canggih T Intouch. Yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

Total Mobility Solution Untuk Hadirkan Peace of Mind

Tidak hanya menyediakan produk. Toyota juga menghadirkan layanan mobilitas yang komprehensif mulai dari sales, maintenance, hingga aftersales. KINTO merupakan salah satu solusi mobilitas berbasis usership untuk menawarkan kemudahan dan fleksibilitas bagi pelanggan untuk menggunakan mobil yang diinginkan tanpa perlu memikirkan perawatan kendaraan yang digunakannya (hassle-free). Melalui KINTO One maupun KINTO One Syariah, pelanggan dapat merasakan advance and enjoyable driving experience All New Toyota bZ4X hanya dengan berlangganan mulai dari Rp 20 juta perbulan. Paket berlangganan KINTO One berdurasi 12-60 bulan dan sudah meliputi layanan full service, yaitu biaya service berkala, perpanjangan pajak & STNK, asuransi, emergency roadside assistance, dan penggantian aki & ban.

All New Toyota bZ4X dilengkapi pula dengan layanan aftersales terbaru Toyota yaitu T-CARE yang semakin memberikan peace of mind kepada pelanggan. Bagi pelanggan yang menggunakan Battery EV ini, sudah termasuk dalam program T-CARE yang merupakan program Gratis Biaya Servis (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer, mana yang lebih dulu). Ada tambahan benefit berupa extended warranty 1 tahun / 20.000 km, jika pelanggan rutin melakukan servis tepat waktu sesuai rekomendasi TAM. Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh outlet resmi Toyota di Indonesia.

Lebih jauh, sebagai bukti kualitas baterai dan komitmen memberikan peace of mind kepada pelanggan, TAM juga memberikan garansi baterai All New Toyota bZ4X selama 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

“Kini semua mobil elektrifikasi Toyota, telah mendapatkan garansi baterai selama 8 tahun / 160.000 kilometer yang bisa diklaim di semua jaringan dealer Toyota di seluruh Indonesia. Kami pastikan seluruh jaringan dealer mampu menangani permasalahan apapun pada kendaraan elektrifikasi pelanggan dengan menyiapkan fasilitas bengkel modern dan canggih sesuai kebutuhan servis berkala dan perbaikan, meningkatkan kualitas teknisi sesuai standar Toyota global untuk menangani kendaraan elektrifikasi, serta penyediaan spare parts sesuai kebutuhan di workshop,” tutup Anton.

Setelah meluncurkan All New bZ4X, TAM berkomitmen untuk terus menghadirkan beragam inovasi serta pilihan kendaraan elektrifikasi bagi kebutuhan masyarakat Indonesia yang kompleks. Termasuk juga memproduksi secara lokal kendaraan elektrifikasi berbasis Hybrid pertamanya. (red)

Komentar Pembaca