ASR Lantik dan Kukuhkan Pengurus BPD, BPC, PW IWSS dan Majelis Talim KKSS Sultra di Kolaka

206

KENDARIEKSPRES.COM, – Guna memperkuat struktur kepengurusan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan dalam rangka memperingati HUT KKSS ke-46 Tahun. Badan pengurus Wilayah (BPW) KKSS Sultra menggelar pelantikan dan pengukuhan serentak Badan Pengurus Daerah (BPD), Badan Pengurus Cabang (BPC), serta Pengurus Wilayah Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (PW IWSS), dan Majelis Ta’lim KKSS Sultra di Gedung Islamic Centre Kolaka, Sabtu (10/12/2022).

Dari pantauan awak media, prosesi pelantikan berjalan dengan penuh hikmat dan sangat terasa suasana kekeluargaan dan kebersamaannya. Adapun pengurus BPD dan BPC yang dilantik dan dikukuhkan yakni, BPD dan BPC KKSS Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Muna Barat, dan Kota Kendari.

“Sesungguhnya pelantikan kepengurusan ini sudah sejak lama direncanakan, dikarenakan kondisi pandemic Covid-19 sehingga kegiatan ini baru bisa dilaksanakan. Selain itu kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat kabupaten-kota  yang ada di Sulawesi tenggara khususnya yang berasal dari keturunan Sulawesi Selatan,” terang H. Sjamsul Kadar SE.,M.Si.,Ketua Panitia pelantikan.

Penyerahan simbolis 4 unit mobil ambulans kepada pengurus BPD KKSS Sultra

Pada kegiatan pelantikan itu, Ketua umum BPW KKSS Sultra Mayjen TNI (Purn) H. Andi Sumangerukka, secara resmi mengukuhkan seluruh pengurus  BPD, BPC dan Majelis Ta’lim KKSS Sultra sekaligus menyerahkan bendera Pataka kepada Ketua BPD, BPC, dan Majelis Ta’lim KKSS Sultra yang dilantik untuk dikibarkan ke seluruh pelosok kecamatan di Sulawesi Tenggara.

”Saya serahkan Pataka KKSS Suiltra ini untuk dikibarkan ke seluruh pelosok kecamatan di Sulawesi Tenggara,” ucap ASR, sapaan akrab Andi Sumangerukka, sambil menyerahkan bendera Pataka kepada masing-masing Ketua BPD, BPC dan Majelis Ta’lim KKSS Sultra.

Selain melantik dan mengukuhkan pengurus KKSS Sultra, Mantan Pangdam XIV Hasanuddin itu juga menyerahkan 4 unit mobil Ambulans dan meresmikan Koperasi KKSS Sultra.

Dihadapan seluruh pengurus yang baru saja dilantik, ASR mengucapkan selamat dan penghargaan kepada seluruh pengurus yang dilantik. Kata dia, keberadaan masyarakat asal daerah Sulawesi Selatan di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara telah berlangsung begitu panjang. Seiring dengan perjalanan sejarah bangsa dan daerah ini, sehingga telah menjadi satu kesatuan utuh yang tidak terpisahkan dengan masyarakat etnis lokal khususnya, yang mendiami Bumi Anoa, dengan berbagai kontribusinya yang begitu besar dalam pembangunan daerah.

Lanjut mantan Danrem 143 Haluoleo itu juga melontarkan ungkapan kata ‘kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi’. Maksudnya, di periode kepemimpinannya menakhodai BPW KKSS Sultra, dirinya sudah mempersiapkan diri untuk mensejahterakan seluruh warga KKSS di Sulawesi Tenggara, khususnya sumber daya manusianya (SDM), ekonominya, dan pelayanan kesehatannya.

“ Ini adalah bahagian dari desain Allah swt. Niat saya ingin mengabdi dan bersedekah. Olehnya itu yang pertama saya jalankan, yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM), memberikan pelayanan kesehatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Insyaallah nanti tidak ada lagi warga KKSS Sultra yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Jadi kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi,” ucap ASR.

Ditempat yang sama, Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH.,MH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta selamat dan sukses atas terbentuknya kepengurusan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) di Kabupaten Kolaka . 

Dengan terbentuknya KKSS ini diharapkan menjadi wadah Silaturahmi dan Pemersatu bagi seluruh masyarakat Sulawesi Selatan yang berada di Kab. Kolaka dengan tetap menjunjung tinggi adat istiadat .

“Saya menginginkan kepengurusan KKSS di Kabupaten Kolaka dapat ikut serta melestarikan nilai-nilai budaya serta kearifan lokal yang ada di daerah kita ini, termasuk di bidang keagamaan dan olahraga, sehingga daerah kita dapat terus melahirkan atlet-atlet yang unggul, serta anak-anak generasi pengurus yang memiliki akhlak serta moral yang baik .” Jelasnya.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Raja Mekongga XIX , Bokeo Drs. H. Khaerun Dahlan, MM., Staf Ahli Gubernur Prov. Sulawesi Tenggara, Ketua BPW KKSS Prov. Sultra Mayjend TNI (purn) Andi Simangerukka, SE.,MM, bersama jajaran pengurus BPW KKSS Prov. Sultra, Asisten III Drs. Wardi, M.Si, Ketua DPRD Kolaka Ir. Syaifullah Halik, Ketua Umum Pengurus Pusat (PPIkatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Dra Hj Andi Nurhiyari MSI., Forkopimda Kabupaten Kolaka dan seluruh peserta pelantikan dan pengukuhan. (red)

Komentar Pembaca