Disperdakop Kendari Gelar Pelatihan Ekspor untuk UMKM

15

KENDARIEKSPRES.COM,-  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala membuka pelatihan Kendari Preneur Go Global dengan tema Peran Kota Kendari Sebagai Regulator Ekspor Hasil Bumi Sultra, di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (14/12/2022).

Sekretaris daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan, pelatihan ini harapnya bisa menjadi injeksi kepada pelaku usaha khususnya UMKM di Kota Kendari.

Saat ini Pemerintah Kota Kendari tengah berfokus pada peningkatan kualitas UMKM, agar UMKM ini mampu sebagai penopang perekonomian di Kota Kendari.

Terlebih ketika pandemi COVID 19 kemarin, berbagai sektor diperhadapkan dengan situasi yang tidak mudah. Namun sektor UMKM masih tetap bangkit.

“Kita orientasinya ke kualitas, sehingga kita berharap UMKM ini bisa menjadi pilar, penopang perekonomian kita di Kota Kendari. Karena faktanya di saat COVID 19 kemarin, tergonjang-ganjing, UMKM justru eksis,” tuturnya.

Namun, kami sebagai pemerintah, kata Ridwansyah Taridala, tetap menyediakan fasilitas untuk mempermudah UMKM di Kota Kendari.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperdakop dan UMKM) Kota Kendari Alda Kesutan Lapae menjelaskan, pelatihan ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Disperdakop dan UKM untuk mempersiapkan UMKM di Kota Kendari Go Ekspor.

“Mudah-mudahan, dalam pelatihan ini bapak ibu bisa menerima manfaat tentang hal ini,” katanya.

Dipelatihan ini, Kadis Perindakop dan UKM, pelaku usaha akan mendapatkan pelatihan kesiapan ekspor yang meliputi legalitas usaha, kapasitas produksi, kualitas produksi untuk memenuhi persyaratan di pasar ekspor. (Kendarikotaku)

Komentar Pembaca