Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Tunjuk AKBP Priyo Utomo Sebagai Kapolres Konawe Utara

662

KENDARIEKSPRES, – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali merotasi ratusan perwira tinggi dan perwira menengah Polri diseluruh Indonesia. Termasuk posisi Kapolres Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan surat telegram ST/2777/XII/KEP./2022, tertanggal Sabtu 24 Desember 2022. Sejumlah 704 perwira Polri mengalami mutasi pada Surat Telegram (ST) Kapolri terbaru. Mutasi tersebut tertuang pada surat telegram tertanggal 23 Desember 2022 yang ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen Wahyu Widada, atas nama Kapolri, terdapat nama AKBP Priyo Utomo, SH.,S.IK.

Priyo Utomo yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sultra. Dia dimutasikan sebagai Kapolres Konawe Utara.

Sementara AKBP Achmad Fathul Ulum yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Konawe Utara diangkat sebagai Kabagbinkar Ro SDM Polda Sultra.

Kapolri menunjuk AKBP Priyo Utomo, SH.,S.IK. lantaran prestasi dan kinerjanya selama menjabat Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sultra dalam memberantas praktik-praktik illegal mining di Sulawesi Tenggara.

Tim Tipidter Polda Sultra langsung menggelar operasi pemberantasan praktik penambangan tanpa ijin di Sulawesi Tenggara yang berpotensi merugikan negara, sehari setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menginstruksikan jajarannya untuk menindak tegas segala bentuk kejahatan ilegal mining, ilegal loging, judi online hingga narkoba.

Pada pelaksanaan operasi bersih-bersih tersebut, total sudah ratusan alat berat jenis Excavator dan puluhan kendaraan Dump Truk yang diamankan Tipidter Polda Sultra dari oknum dan perusahaan yang melakukan praktik penambangan tanpa ijin.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jendral Dedi Prasetyo mengonfirmasi adanya surat telegram tersebut. Menurutnya mutasi tersebut dilakukan sebagai bagian dari tour of area dan tour of duty. Selain itu mutasi ini dilakukan untuk penyegaran dan juga promosi.

“Bener info dari SDM. Mutasi hal yang biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty dan penyegaran serta promosi,” kata Dedi lewat pesan tertulis pada Sabtu 24 Desember 2022.

Dedi menuturkan pada mutasi untuk ratusan perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri ini terbagi dalam 4 ST. Keempat ST Kapolri adalah ST/2774/XII/KEP./2022 sebanyak 21 personel, ST/2775/XII/KEP./2022 sebanyak 162 personel, ST/2776/XII/KEP./2022 sebanyak 374 personel, dan ST/2777/XII/KEP./2022 sebanyak 147 personel.

Untuk perwira Polri yang mengalami promosi, disampaikan Dedi, ada 342 personel. Jumlah tersebut terbagi dari:

  1. Kapolda: 2 personel
  2. PJU Mabes: 1 personel
  3. Jabatan IB/Irjen Pol: 7 personel
  4. Jabatan IIA/Brigjen Pol: 24 personel
  5. Jabatan IIB/Kombes Pol: 88 personel
  6. Jabatan IIIA1/AKBP: 74 personel
  7. Jabatan Kapolres/IIIA2: 146 personel
    Selain adanya promosi, dalam ST Kapolri tersebut tertuang adanya 233 personel yang mengalami penyegaran/flat. Juga terdapat 27 personel mengikuti Diklat Pengembangan Pimpinan Tinggi (Dikbangpimti) dan 21 personil mengikuti tugas khusus (gassus).
    Dedi mengatakan bahwa pada ST terbaru terdapat 77 personel mengalami pensiun. Selain itu yang mengalami demosi terdapat 5 personel. Dedi juga mengungkapkan ada 7 Polwan yang mendapatkan promosi. (red)
Komentar Pembaca