Rabu 21 Desember Tak Boleh Keluar Malam karena Solstis

63

KENDARIEKSPRES.COM,– Sebuah unggahan di TikTok viral. Ini meminta masyarakat untuk tidak keluar malam pada 21 Desember 2022.

Alasannya karena fenomena solstis. “Tidak boleh keluar malam tanggal 21 Desember 2022,” tulis akun @hendrikecee dalam video, dikutip Kamis (15/12/2022).

Pakar pun membantah klaim video itu. Disebutkan fenomena ini hadir setiap tahun.

Lalu apa sebenarnya fenomena solstis?

Solstis Desember atau titik balik selatan matahari adalah fenomena ketika posisi surya berada di titik paling selatan terhadap ekuator langit jika diamati oleh pengamat di permukaan Bumi. Mengutip The Franklin Institute, fenomena solstis terjadi dua kali setahun, yakni pada Juni dan Desember.

Hal ini menandai awal musim dingin atau awal musim panas. Fenomena ini dinamakan solstis karena para astronom zaman kuno melihat matahari tampak diam saat momen ini.

Solstis atau solstice sendiri secara harfiah berasal dari kata Latin ‘sol’ yang berarti ‘matahari’ dan ‘sistere’ yang adalah ‘berdiri diam’. Saat ini terjadi, matahari mencapai titik tertinggi atau terendah di langit selama setahun.

Sementara, titik balik matahari adalah pergerakan semu surya dari sisi utara ke selatan. Sebaliknya yang terlihat dari bumi akibat kemiringan sumbu dan gerak mengelilingi matahari (revolusi).

Untuk solstis Desember, fenomena ini menandai dimulainya musim panas di belahan Bumi selatan. Ini juga sinyal musim dingin di belahan Bumi utara. (CNBC)

Komentar Pembaca